RAFLI YOGA PRADANA (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA BHUMI MERAPI DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (396kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (203kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Bab I.pdf
Download (38kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (613kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
INTISARISTRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA BHUMI MERAPI DI KABUPATEN SLEMAN. 2023. RAFLI YOGA PRADANA (Skripsi Dibimbing Oleh Dr. Ir. Sriyadi, M.P.). Agrowisata Bhumi Merapi masih tergolong baru dan belum sepenuhnya gancar dipromosikan ke berbagai media sehingga masih belum banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan wisata ini. Oleh sebab itu penulis tertarik meneliti Strategi Pengembangan Agrowisata Pengelolaan Desa Wisata Bhumi Merapi. Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal dalam pengembangan Agrowisata Bhumi Merapi, mengetahui strategi pengembangan Agrowisata Bhumi Merapi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara secara langsung kepada pengunjung Agrowisata dengan bantuan kuisioner. Teknik pengambilan responden menggunakan metode purposive sampling dengan total responden 30 orang. Teknik analisis menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor internal yang menjadi kekuatan yaitu lokasi lahan yang luas, tempat parkir yang luas, lokasi yang strategis, memiliki potensi daya Tarik berupa mini zoo, memiliki potensi daya Tarik berupa kuliner resto,memiliki daya Tarik berupa foto instagrammable, memiliki potensi daya Tarik berupa green house, memiliki daya Tarik berupa tempat yang asri. Sedangkan kelemahannya kurangnya tenaga kerja, harga tiket kurang terjangkau, kurangnya denah agrowisata. Faktor eksternal agrowisata yang menjadi peluang yaitu dukungan dari masyarakat sekitar, wisata berbasis agrowisata yang sedang trend di kalangan masyarakat, gaya hidup masyarakat yang ingin Kembali ke alam (back to nature), perkembangan teknologi informasi. Sedangkan yang menjadi ancaman adalah pesaing objek wisata di sekitaran agrowisata, kondisi cuaca yang tidak dapat di prediksi, dan terjadi bencana akibat erupsi Merapi. Strategi yang menjadi prioritas utama berdasarkan analisis QSPM adalah mengembangkan dan memanfaatkan lahan Agrowisata yang tersisa untik dijadikan spot baru yang masih asri dan selalu merawatnya juga menjaga kebersihannya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Agrotourism, SWOT, Development Strategy |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 02:41 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 02:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44188 |