ANALISIS MODEL ANTRIAN DAN PENERAPAN DESAIN TATA LETAK PADA SPBU

FAIZAL DJALI (2024) ANALISIS MODEL ANTRIAN DAN PENERAPAN DESAIN TATA LETAK PADA SPBU. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjutujuan untuk menganalisis model antrian dan desain layout. Objek pada penelitian ini adalah kendaraan roda 4 yang sedang melakukan pengisian bahan bakar pertalite pada SPBU 44.552.07 Ambarketawang. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Convenience sampling. Karakteristik sistem antrian yang diterapkan yaitu First In First Out (FIFO). Metode analisis yang digunakan adalah analisis model antrian Multi Channel Single Phase (M/M/S) dan analisis deskriptif. Hasil penelitian dengan menggunakan perhitungan model antrian Multi Channel Single Phase (M/M/S) menunjukan bahwa pada jam 08.00-09.00 dan 17.00-18.00, terdapat jumlah konsumen dalam sistem yang lebih banyak dari pada jam lainnya yaitu 2 kendaraan dengan waktu yang dihabiskan konsumen dalam sistem untuk mendapatkan pelayanan yaitu 2,27 menit dan 2,51 menit. Panjang total kendaraan dalam antrian yaitu 10 m sehingga dapat dikatakan layak dan tidak beresiko menggangu jalur lain dan lalu lintas di area SPBU. Berdasarkan penelitian ini maka SPBU 44.552.07 Ambarketawang lebih baik menambah operator pada pengisian bahan bakar pertalite kendaraan roda empat di jam sibuk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Queuing Model; Design Layout; Gas Station
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:40
Last Modified: 30 Jan 2024 01:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44217

Actions (login required)

View Item
View Item