PENDIDIKAN PEMILIH BAGI KELOMPOK MARJINAL: UPAYA KOMISI PEMILIHAN UMUM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN POLITIK WARIA DI SLEMAN

MUHAMAD IQBAL MUTTAQIN (2024) PENDIDIKAN PEMILIH BAGI KELOMPOK MARJINAL: UPAYA KOMISI PEMILIHAN UMUM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN POLITIK WARIA DI SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Komisi Pemilihan Umum dalam memberikan pendidikan pemilih terhadap kelompok marjinal. Dalam mendekati masalah ini, penulis menggunakan teori daru Suryanef dan Rafni tentang model pendidikan pemilih oleh relawan demokrasi yang didesain khusus pemilih marjinal. Data-data dikumpulkan melalui metode kualitatif dan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi literatur serta menggunakan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif milik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KPU Kabupaten Sleman telah memberikan pendidikan pemilih yang menjangkau seluruh kalangan, termasuk kelompok marjinal. Mulai dari variabel pertama yakni Strategi Pendidikan Pemilih, KPU Kabupaten Sleman telah mempersiapkan strategi atau konsep yang mengacu pada buku pedoman atau SOP KPU Pusat serta terbuka akan kolaborasi dengan berbagai stakeholder. Selanjutnya pada variabel kedua yakni materi pendidikan pemilih, KPU telah memenuhi kelengkapan materi sesuai dengan indikator pada teori yang ada serta memiliki materi yang variatif dalam buku pedoman pendidikan pemilih marjinal. Dan variabel terakhir yakni metode pendidikan pemilih, mengacu pada indikator teori hanya 5 dari 8 metode saja yang sudah atau telah ada pada pendidikan pemilih marjinal yakni workshop, ceramah, FGD, simulasi dan kelompok sebaya. Adapun kekurangan dan hambatan dari pendidikan pemilih ini adalah belum terprogram dan terrencana dengan baik (belum ada SOP) sehingga pelaksanaannya masih sebatas kebutuhan saja. Selain itu, KPU juga belum menyusun silabus atau rancangan program sehingga pemberian materi dan penggunaan metode belum merata atau terjadi ketimpangan porsi. Sehingga, para pemilih marjinal mengalami kesulitan dalam memahami materi secara komprehensif dan beberapa terkesan membosankan pendidikannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Voter Education, Marginalized Group, Political Awareness
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:36
Last Modified: 30 Jan 2024 01:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44228

Actions (login required)

View Item
View Item