DJODI DHARMAWAN (2024) PENGARUH PENGGUNAAN IDLING STOP SYSTEM TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR VARIO 150 YANG MENGGUNAKAN CAMPURAN BAHAN BAKAR PERTAMAX DAN PERTALITE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (471kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (178kB)
Bab I.pdf
Download (191kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (264kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (522kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (387kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (141kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan teknologi Idling Stop System (ISS) sebagai metode efektif dalam mengurangi konsumsi bahan bakar pada kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor. Dengan melihat kebiasaan pengendara yang cenderung menjaga mesin sepeda motor tetap menyala saat berhenti, terdapat indikasi signifikan terkait tingginya konsumsi bahan bakar dalam kondisi tersebut. Penelitian ini akan fokus pada analisis teknologi ISS, metode efisiensi bahan bakar, serta perbandingan konsumsi bahan bakar saat penggunaan dan ketika tidak menggunakan Idling Stop System. Tujuannya adalah untuk menggali potensi penghematan bahan bakar dan efektivitas penerapan teknologi ISS dalam kondisi penggunaan sehari-hari, serta implikasi dari penggunaan teknologi ini terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor.Metode penelitian yang digunakan dimulai dengan studi literatur, dilanjutkan dengan penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan diakhiri dengan kesimpulan. Selain itu, metode lain yang digunakan adalah metode full to full. Metode full to full merupakan cara pengukuran bahan bakar dengan mengisi tanki sampai penuh. Jumlah bahan bakar yang terpakai selama pengujian dihitung berdasarkan bahan bakar yang masuk ke tanki.Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Idling Stop System pada sepeda motor Vario 150cc mampu bekerja dengan baik terhadap kinerja mesin, menghasilkan efisiensi bahan bakar yang signifikan dan penghematan yang baik. Sistem ini bekerja dengan cara mematikan mesin saat berhenti sementara kemudian menghidupkannya kembali saat penulis melanjutkan pengujian. Penggunaan bahan bakar jenis Pertamax menunjukkan efisiensi yang lebih baik, menghemat lebih banyak bahan bakar, dan cocok untuk kinerja mesin sepeda motor Vario 150cc, dibandingkan dengan bahan bakar jenis Pertalite ataupun campuran antara Pertamax dan Pertalite.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Idling Stop System, Vario 150 cc motorcycle, fuel consumption, fuel efficiency, Pertamax, Pertalite. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 01:23 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 01:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44266 |