STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA

ILHAM FAWAZI (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi guru pendidikn agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Banguntapan Yogyakarta, untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam melakukan strategi tersebut guna membentuk karakter religius siswa, dan untuk menganalisis solusi apa saja yang dilakukan oleh guru PAI pada faktor penghambat dalam strategi pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Banguntapan Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskiptif dengan subjek penelitian yakni guru dan siswa di SMA Negeri 1 Banguntapan Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA Negeri 1 Banguntapan ada dua bidang yakni bidang kedisiplinan dan bidang keagamaan. 1) Bidang keaagamaan yakni, masuk sekolah tepat waktu, mengenakan atribut sekolah, seragam sesuai dengan apa yang telah ditentukan, budaya 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun). 2) Bidang keagamaan yakni, tadarus, shalat berjamaah, pengajian jum�at, program tilawah dua pekan sekali, khataman Al-Qur�an, BTAQ, dan program penguatan karakter diluar jam sekolah. Adapun faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam pembentukan karakter religius siswa yakni, 1) faktor pendukung guru melakukan strategi tersebut adalah adanya komitmen dari stakeholders, kekompakan dari guru yang lain, sarana prasarana yang memadai, dan konsisten untuk melakukan pembentukan karakter religius siswa. Sedangkan faktor penghambat dalam proses pembentukan karakter religius siswa yakni siswa yang memiliki latar belakang yang berbeda, dan lingkungan peserta didik diluar sekolah. Maka dari itu solusi untuk mengatasi faktor penghambat tersebut yakni dengan mengadakan sosialisasi dengan pra wali siswa terkait bagaimana penerapan salah satu program sekolah, dan program BTAQ sebagai salah satu solusi untuk mengatasi siswa yang belum lancar membaca dan menulis Al-Qur�an.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategies of teachers, character building, religious character
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Eko Kurnawan
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:13
Last Modified: 30 Jan 2024 01:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44286

Actions (login required)

View Item
View Item