KARINA DEWI PRIYATNINGRUM (2024) PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL: STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PURWOREJO DALAM MEMPERKENALKAN SINDOLALAK (SISTEM INFORMASI DOKUMEN ONLINE LAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (545kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (360kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Bab I.pdf
Download (569kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (655kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (340kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (347kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (575kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Purworejo meluncurkan program inovasi digital yang dinamai �Sindolalak�. Namun sebanyak 60persen dari total pemohon yang datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Purworejo belum mengetahui adanya aplikasi Sindolalak. Selain itu berdasarkan dari yang mengunduh aplikasi Sindolalak pada playstore masih sebanyak 10.000 penduduk dengan jumlah seluruh penduduk 804.335 jiwa. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana strategi komunikasi yang digunakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo dalam memperkenalkan Sindolalak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Dimana pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Selanjutnya untuk mendapatkan hasil dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori manajemen strategi Fred R.David dimana indikator dari teori ini yaitu perencanaan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo dalam memperkenalkan Sindolalak telah berjalan dengan baik. Penggunaan tiga indikator dalam teori manajemen strategi menurut Fred R. David telah berjalan baik. Dari masing-masing indikator masih ditemukan kendala dalam kelancaran disetiap indikator. Namun dalam indikator implementasi strategi, penggunaan media sebagai alat komunikasi dengan masyarakat sangat membantu dalam kelancaran penyampaian pesan dari inovasi pelayanan Sindolalak. Kemudian dalam indikator evaluasi mendapatkan hasil bahwa adanya Sindolalak telah sangat membantu masyarakat dan berhasil mendapatan Indeks Kepuasan Masyarakat dengan kategori sangat baik. Dalam pelaksanaan strategi komunikasi saran yang dapat penulis berikan adalah dengan meningkatkan budaya masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan kritik dan upaya mengoptimalkan penggunaan media sosial Disdukcapil sebagai perantara komunikasi dengan membuat ilustrasi yang dapat menarik minat masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | public services, communication strategies, population administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 08:12 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 08:12 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44334 |