KERJASAMA PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEPALA SEKOLAH DAN EFEKTIFITASNYA (STUDI KASUS PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP KOTA YOGYAKARTA)

MUHAMMAD BUDI BASUKI (2014) KERJASAMA PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEPALA SEKOLAH DAN EFEKTIFITASNYA (STUDI KASUS PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP KOTA YOGYAKARTA). S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (826kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pengawas pendidikan agama Islam ( PPAI ) dan kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam peningkatan kompetensi guru. Ternyata kenyataan di lapangan perbandingan PPAI dengan jumlah GPAI kurang seimbang disamping itu juga kesibukan kepala sekolah dalam kedinasan, sehingga kurang obtimal dalam menjalankan supervisi terhadap GPAI. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendiskripsi persepsi PPAI dan kepala sekolah terhaciap perannya (2) Mendiskripsi kerjasama antara PPAI dan kepala sekolah (3) Mengetahui kendala dan solusi dengan meningkatkan kualitas kerjasama PPAI dan kepala sekolah
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP ) baik negeri maupun swasta yang berada di Kota Yogyakarta. Subyek penelitian terdiri dari PPAI, kepala sekolah dan GPAI. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisa secara deskriptif.
Hasilnya sebagai berikut : (1) Persepsi pengawas PAI dan kepala sekolah terhadap peran masing-masing dalam pembinaan guru PAI memiliki kesamaan,(2) kerjasama antara pengawas PAI dengan kepala sekolah sudah terjalin walaupun belum optimal, (3) kendala yang paling urgen adalah keterbatasan personel pengawas PAI,(4) frekfensi kunjungan ke sekolah kurang optimal dan tidak terprogram secara baik. Padahal harapan semua pihak atas kerjasama pengawas PAI dengan kepala sekolah sangat diharapkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PAI supervisor's main duties, principal's main duties, perception, cooperation and effectiveness
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:31
Last Modified: 30 Jan 2024 01:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44378

Actions (login required)

View Item
View Item