AZMATUN FILDZAH (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN MELALUI KEGIATAN MENTORING DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (810kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (265kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Bab I.pdf
Download (148kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (716kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (264kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini mengkaji implementasi kegiatan mentoring untuk menginternalisasikan nilai-nilai keislaman pada peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Melalui kegiatan mentoring yang sejalan dengan visi sekolah yang bertujuan untuk membentuk generasi muslim yang berkualitas, unggul dalam prestasi, berwawasan IPTEK, dan berbudaya lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologi dan metode kualitatif. Sumber data berasal dari responden yang melibatkan beberapa stakeholder sekolah serta teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kredibilitas data diperkuat melalui triangulasi sumber data, teknik, dan bahan referensi. Analisis data mengikuti model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana, mencakup Kondensasi Data (data condensation), Penyajian Data (data display), dan Penarikan Kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan mentoring melalui tahapan-tahapan yang dirancang sebelum pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui program-program mentoring sekolah yakni, Gerakan Pembiasaan Sholat Dhuha & Materi Keislaman, Keputrian, Weekend Boarding Activity, Al-Qur�anisasi, dan Kultum Siswa yang dapat menginternalisasikan nilai-nilai Islam pada peserta didik. Dampak kegiatan mentoring terhadap peserta didik meliputi peningkatan emosional, perilaku/moral dan akademik. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dampak kegiatan mentoring terhadap internalisasi dan implementasi nilai-nilai Islam pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalization of Islamic values, Mentoring, SMP Muhammadiyah |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:38 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44385 |