INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN MELALUI KEGIATAN MENTORING DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

AZMATUN FILDZAH (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN MELALUI KEGIATAN MENTORING DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (810kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi kegiatan mentoring untuk menginternalisasikan nilai-nilai keislaman pada peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Melalui kegiatan mentoring yang sejalan dengan visi sekolah yang bertujuan untuk membentuk generasi muslim yang berkualitas, unggul dalam prestasi, berwawasan IPTEK, dan berbudaya lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologi dan metode kualitatif. Sumber data berasal dari responden yang melibatkan beberapa stakeholder sekolah serta teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kredibilitas data diperkuat melalui triangulasi sumber data, teknik, dan bahan referensi. Analisis data mengikuti model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana, mencakup Kondensasi Data (data condensation), Penyajian Data (data display), dan Penarikan Kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan mentoring melalui tahapan-tahapan yang dirancang sebelum pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui program-program mentoring sekolah yakni, Gerakan Pembiasaan Sholat Dhuha & Materi Keislaman, Keputrian, Weekend Boarding Activity, Al-Qur�anisasi, dan Kultum Siswa yang dapat menginternalisasikan nilai-nilai Islam pada peserta didik. Dampak kegiatan mentoring terhadap peserta didik meliputi peningkatan emosional, perilaku/moral dan akademik. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dampak kegiatan mentoring terhadap internalisasi dan implementasi nilai-nilai Islam pada peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Internalization of Islamic values, Mentoring, SMP Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:38
Last Modified: 30 Jan 2024 07:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44385

Actions (login required)

View Item
View Item