EVALUASI PROGRAM TAHFIZ AL-QURAN KELAS IX DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PLERET

MUHAMMAD KAMAL FIRDAUS (2017) EVALUASI PROGRAM TAHFIZ AL-QURAN KELAS IX DI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PLERET. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji program tahri; kelas IX di Muhammadiyah Boarding School Pleret. Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluasi expost facto (expose facto evahlation research) dengan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif (mixed method). Model evaluasi program menggunakan teori Stufflebeam dengan komponen evaluasi context, input, pro•ess dan product (CIPP). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX di Muhammadiyah Boarding School Pleret. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi konteks menunjukkan bahwa tujuan program labfi.; telah sejalan dengan visi dan misi MBS Pleret, dan adanya kebijakan sekolah tentang target hafalan yang harus dicapai para siswa MBS Pleret. (2) Evaluasi masukan menunjukkan bahwa ada upaya-upaya strategis dalam bentuk kebijakan maupun kegiatan yang dilakukan sekolah untuk menunjang ketercapaian tujuan program (tahfiz), pihak sekolah menjumpai kesulitan dalam menemukan guru pengampu yang tepat, dan fakta bahwa sebagian besar siswa telah melakukan persiapan dengan baik sebelum mengikuti pembelajaran tabfiz di kelas. (3) Evaluasi proses menunjukkan bahwa pelaksanaan program pembelajaran tahfiz telah berjalan dengan baik, pemilihan metode pembelajaran yang dinilai tepat, penggunaan serta pemanfaatan media pembelajaran belum maksimal, sebagian besar siswa telah mencapai standar hafalan yang ditetapkan guru dan adanya hambatan-hambatan yang dijumpai guru dan siswa selama kegiatan pembelajaran tahfiz berlangsung. (4) Evaluasi hasil menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan pembelajaran tahfiz al-qur'an pada semester dua di kelas IX putra lebih besar jika dibandingkan dengan pembelajaran tahfiz al-qur an di kelas IX putri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Program Evaluation, CIPP Model, Learning Tahfiz al-Qur'an
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2024 08:38
Last Modified: 23 Feb 2024 08:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44397

Actions (login required)

View Item
View Item