ALIF AKBAR (2024) MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PETANI MELALUI KEMITRAANBERBASIS KEWIRAUSAHAAN SOSIAL OLEH CV. AGRADAYAINDONESIA (STUDI KASUS DI KABUPATEN KULON PROGO). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (314kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Bab I.pdf
Download (122kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (71kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (503kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (400kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (177kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PETANI MELALUI KEMITRAAN BERBASIS KEWIRAUSAHAAN SOSIAL OLEH CV. AGRADAYA INDONESIA (STUDI KASUS DI KABUPATEN KULON PROGO). 2024. ALIF AKBAR. (Skripsi dibimbing oleh Dr. Ir. Sriyadi, M.P.). Penelitian ini membahas fenomena pemberdayaan masyarakat oleh CV. Agradaya Indonesia yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup petani di Kabupaten Kulon Progo yang dikemas dengan jalinan kemitraan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui elemen dasar yang membentuk CV. Agradaya Indonesia sebagai sebuah kewirausahaan sosial, mengetahui model pemberdayaan masyarakat yang diupayakan CV. Agradaya Indonesia kepada petani binaannya, dan mengetahui pola kemitraan yang terjalin antara CV. Agradaya Indonesia dengan petani binaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang datanya dikumpulkan dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil analisis data menunjukan bahwa CV. Agradaya Indonesia sebagai kewirausahaan sosial terdiri atas empat elemen, yaitu Social Value: peningkatan kesejahteraan hidup petani; Civil Society: petani di Kabupaten Kulon Progo; Innovation: solar dome dryer, budidaya alami, dan sertifikasi produk; Economic Activity: diversifikasi revenue, bisnis retail, dan bisnis model B2B. Berdasarkan pendekatan CIPOO, model pemberdayaan masyarakat CV. Agradaya Indonesia kepada petani binaannya adalah sebagai berikut: Context: edukasi dan penerapan teknologi pasca panen; Input: bibit, pupuk, solar dome dryer, pelatihan, praktik, dan studi banding; Process: pengajuan dana, koordinasi, pelatihan, pemberian sarana, monitoring, dan evaluasi; Output: simplisia, metode budidaya alami, solar dome dryer, dan kemitraan; Outcome: peningkatan pendapatan petani, jaminan harga dan pasar untuk petani, lingkungan terjaga, dan branding CV. Agradaya Indonesia meningkat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Entrepreneurship, Empowerment, Welfare, Partnership. |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 03:45 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 03:45 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44416 |