NURAHMI HIDAYANTI (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RASA PERCAYA DIRI REMAJA MELALUI PEMBELAJARAN TARI (STUDI KASUS DI SANGGAR TARI GANDES LUWES PURWOSARI - YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (444kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (357kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Bab I.pdf
Download (156kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (388kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (117kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (101kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (680kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RASA PERCAYA DIRI REMAJA MELALUI PEMBELAJARAN TARI (Studi Kasus di Sanggar Tari Gandes Luwes Purwosari � Yogyakarta) Nama : Nurahmi Hidayanti NIM : 20180710007 Konsep diri dan harga diri sangat penting dalam pembentukan kepercayaan diri pada remaja, individu yang memiliki kepercayan diri yang baik mampu mengaktualisasikan segala potensi yang dimilikinya dan tidak merasa cemas dalam situasi apapun secara efektif dalam melakukan aktivitas ataupun kegiatan sehari-hari. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini adalah untuk mengetahui gambaran rasa percaya diri remaja yang belajar tari dan menjelaskan faktor apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pembentukan rasa percaya diri pada remaja melalui belajar tari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis datanya menggunakan teknik triangulasi dengan menggunakan triangulasi sumber. Subjek dalam penelitian ini adalah palatih tari, orang tua, dan juga remaja yang dipilih berdasarkan pada kriteria yang telah disepakati dengan jumlah subjeknya terbatas sehingga peneliti menggunakan teknik purposive sampling sebagai penentuan kriteria pada subjek penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah ditemukan gambaran rasa percaya diri pada remaja yang belajar tari di Sanggar Tari Gandes Luwes Yogyakarta, remaja tersebut memiliki pemahaman konsep diri dan harga diri yang baik dalam mengatasi rasa malu dan sikap penerimaan terhadap masukan pendapat orang lain tanpa merasa kecewa serta melihat pendapat orang lain sebagai sudut pandang yang positif. Bahkan remaja di Sanggar Tari Gandes Luwes mempunyai keberanian untuk berdiri di posisi paling depan agar belajar dan melihat dengan jelas gerak tari yang diajarkan oleh pelatih tari dalam proses pembelajaran tari. Adanya faktor pendukung dan penghambat sebagai faktor yang mempengaruhi pembentukan rasa percaya diri remaja melalui belajar tari diantaranya, faktor pendukung: terciptanya lingkungan kekeluargaan dan kegiatan positif yang menjadikan para remaja merasa nyaman untuk berinteraksi dan berproses dalam pembelajaran tari di sanggar. Faktor penghambat: berada di sanggar tari Gandes Luwes Yogyakarta itu sendiri dimana lingkungan tempat tinggal di sekitar sanggar tari tersebut kurang memberikan dukungan atas interaksi anak-anaknya dengan lingkungan dan teman sebayanya tanpa melihat bagaimana hasil dari interaksi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tari di Sanggar Tari Gandes Luwes Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Confidence, Dance Learning, Adolescents |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 03:41 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 03:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44424 |