MAYSHAFARO ASTIN PRASASTI (2024) ECONOMIC VALUATION OF HISTORICAL ATTRACTIONS USING THE CONTINGENT VALUATION METHOD (CVM) AT THE DIORAMA ARSIP JOGJA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (647kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (437kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (670kB)
Bab I.pdf
Download (670kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (531kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (699kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (693kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (416kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (433kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (760kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Diorama arsip Jogja menampilkan arsip-arsip yang terkait dengan sejarah panjang Yogyakarta dari era Panembahan Senopati hingga yang terkini yang ditata dan ditafsir secara unik dan kreatif untuk memberikan sajian yang informatif serta edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur Willingness to Pay pengunjung Diorama Arsip Jogja dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Willingness to Pay tersebut. Studi ini menggunakan data primer dengan jumlah responden sebanyak 345 yang dilakukan secara acak atau random sampling. Willingness To Pay dapat diperkirakan dengan menggunakan pendekatan Contingent Valuation Method (CVM). Analisis regresi logistik biner digunakan sebagai metode analisis untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Berdasarkan analisis, nilai rata-rata Willingness to Pay per orang yang didapatkan dengan Dichotomous Choice sebesar Rp70.000,00. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi secara signifikan besarnya nilai Willingness to Pay pengunjung Diorama Arsip Jogja adalah umur, jenis kelamin, jarak, dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan. Persepsi Pengunjung berpengaruh negatif dan signifikan. Sedangkan Tingkat Pendidikan, Pendapatan, Biaya Perjalanan, Jumlah Kunjungan dan Waktu Kunjungan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Willingness to Pay pengunjung Diorama Arsip Jogja.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Willingness to Pay (WTP); Contingent Valuation; Historical Attractions; Diorama Arsip Jogja |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1 |
Depositing User: | Eko Kurnawan |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 03:41 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 03:41 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44426 |