INTERAKSI SIMBOLIK ETNIS JAWA DAN ETNIS SUNDA DI DAERAH PANTURA KABUPATEN INDRAMAYU (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA SUKRA KULON DAN DESA KARANG ANYAR KECAMATAN SUKRA KABUPATEN SUKRA)

DESTI PUTRI OKTAVIANI (2024) INTERAKSI SIMBOLIK ETNIS JAWA DAN ETNIS SUNDA DI DAERAH PANTURA KABUPATEN INDRAMAYU (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA SUKRA KULON DAN DESA KARANG ANYAR KECAMATAN SUKRA KABUPATEN SUKRA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia terdiri dari beberapa pulau-pulau dan suku bangsa yang didalamnya terdapat keragaman budaya, etnis, bahasa, ras, dan agama. Keragaman dalam bermasyarakat seharusnya tidak menjadi persoalaan yang mendasar di Negara Indonesia melainkan hal ini yang seharusnya menjadikan suatu alat dalam kesatuan. Penulis mengkaji tentang interaksi simbolik etnis Jawa dan etnis Sunda di daerah Pantura Kabupaten Indramayu tepatnya kajian pada masyarakat Desa Sukra Kulon dan Desa Karang Anyar Kecamatan Sukra Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi dan interaksi simbolik masyarakat etnis Jawa dan etnis Sunda, faktor pendukung dan penghambat terjadinya suatu komunikasi etnis Jawa dan etnis Sunda, serta bagaimana masyarakat memaknai toleransi dalam hidup berdampingan meski berbeda budaya dan bahasa. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik yang dicetuskan oleh George Herbert Mead. Dalam teorinya menjelaskan bagaimana orang berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari mereka melalui interaksi simbolik dan bagaimana mereka menciptakan keteraturan dan makna. Terdapat juga 3 konsep pemikiran Mead yaitu Mind, Self, dan Society. Interaksi Simbolik yang dilakukan masyarakat etnis Jawa Di Desa Sukra Kulon dan masyarakat etnis Sunda di Desa Karang Anyar dengan menggunakan simbol bahasa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis, mendeskripsikan dan mengungkapkan kejadian yang ada dilapangan. Data penelitian ini didapatkan dari pengumpulan data primer dengan para masyarakat yang ada di Desa Sukra Kulon dan Desa Karang Anyar Kecamatan Sukra, dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Selain itu dilengkapi juga dengan sumber data lain seperti dari referensi buku dan litertur yang berhubungan dengan penelitian ini Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa antara masyarakat etnis Jawa dan etnis Sunda di daerah Pantura Kabupaten Indramayu menggunakan interaksi simbolik simbol bahasa sebagai alat berkomunikasi yang digunakan kebannyakan masyarakat setempat yaitu bahasa Jawa. Karena masyarakat etnis Sunda yang tinggal di daerah pantura berasal dari para pendatang. Faktor pendorong dari interaksinya yaitu karena sikap keterbukaan yang ditunjukan masyarakat etnis Jawa dan etnis Sunda, dan faktor penghambat dari interaksi simbolik kedua etnis ini yaitu karena sering terjadi miskomunikasi karena perbedaan bahasa, serta bentuk toleransi antara masyarakat etnis Jawa dan etnis Sunda mereka saling menghargai satu sama lain dalam berdampingan dan menciptakan keharmonisan satu sama lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sundanese & Javanese ethnicity, symbolic interactions, Pantura
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:12
Last Modified: 16 Feb 2024 07:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44495

Actions (login required)

View Item
View Item