PENGARUH UNGGAHAN INSTAGRAM WISATA ALAM @EXPLOREJOGJA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

GRAITO SUNDY KELANA (2024) PENGARUH UNGGAHAN INSTAGRAM WISATA ALAM @EXPLOREJOGJA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain Instagram wisata alam @explorejogja dan pengaruh unggahan Instagram wisata alam @explorejogja terhadap minat berkunjung mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan populasi sebanyak 20.023 mahasiswa, sampel yang diperoleh untuk penelitian ini sebanyak 100 reponden dengan menggunakan teknik quota sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa survey dan kuisioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan unggahan Instagram wisata alam @explorejogja memiliki nilai positif sebesar 0,745 dan memiliki nilai signifikansi kurang dari 0,05 yang berarti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Koefisien determinasi menunjukan korelasi antara variabel bebas yaitu unggahan Instagram wisata alam @explorejogja terhadap variabel terikat minat berkunjung adalah sebesar 48,5persen dan sisanya sebesar 51,5persen ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Persamaan regresi linear sederhana dalam penelitian ini didapatkan Y=17,686+0,745X, meggambarkan bahwa arah hubungan antara variabel unggahan Instagram wisata alam @explorejogja dengan variabel minat berkunjung adalah searah, yang berarti apabila terdapat peningkatan 1persen nilai unggahan Instagram wisata alam @explorejogja, maka minat berkunjung meningkat sebesar 0,745. Angka koefisien yang positif mengindikasikan adanya hubungan positif antara variabel penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Social Media, Content, Natural Tourism, Visiting Interest
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:04
Last Modified: 16 Feb 2024 07:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44507

Actions (login required)

View Item
View Item