KAJIAN STRATIFIKASI TERMAL PADA TANGKI PEMANAS AIRTENAGA SURYA TIPE AKTIF BERBASIS PHASE CHANGE MATERIALDENGAN VARIASI DEBIT ALIRAN DAN HEAT FLUX

MUHAMMAD BAIHAQI (2024) KAJIAN STRATIFIKASI TERMAL PADA TANGKI PEMANAS AIRTENAGA SURYA TIPE AKTIF BERBASIS PHASE CHANGE MATERIALDENGAN VARIASI DEBIT ALIRAN DAN HEAT FLUX. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Stratifikasi termal adalah lapisan-lapisan air di dalam tangki yang memiliki temperatur yang berbeda-beda. Stratifikasi termal dikatakan baik pada sebuah tangki air bila semakin ke lapisan atas memiliki temperatur yang lebih tinggi. Dampak positif adanya stratifikasi termal pada tangki Pemasnas Air Tenaga Surya (PATS) adalah efisiensi termalnya meningkat. Pemasangan kapsul pada tangki PATS yang berisi Phase Change Material (PCM) belum pernah dikaji, khususnya berkaitan dengan perubahan heat flux dan debit aliran Heat Transfer Fluid (HTF). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan karakteristik stratifikasi termal di tangki PATS yang melibatkan PCM baik secara visual maupun analisis bilangan Richardson dengan variasi heat flux dan debit aliran. Penelitian PATS-PCM ini dilakukan dengan sistem PATS tipe aktif metode indoor menggunakan susunan 29 kapsul tipe tumbuk berisi paraffin wax jenis RT-55 sebagai PCM. PATS ini dilengkapi dengan solar simulator sebagai penyuplai heat flux sebesar 800, 1000, dan 1200 W/m2. Rotameter digunakan untuk mengatur debit HTF dengan variasi 2, 3, dan 4 LPM. Tangki PATS dipasang termokopel sebanyak 24 buah, yaitu 10 buah untuk PCM dan 12 buah untuk HTF. Temperatur HTF dan PCM direkam menggunakan Multi Channel Temperature Meter. Analisis data dilakukan untuk mendapatkan nilai bilangan Richardson yang terjadi di dalam tangki. Hasil dari penelitian ini adalah semakin besar debit aliran dan heat flux maka temperatur HTF dan PCM semakin tinggi. Temperatur akhir HTF dan PCM yang dicapai saat charging selama 170 menit pada debit aliran 2 LPM dengan variasi heat flux 800, 1000, dan 1200 W/m2 masing-masing adalah 67,66oC, 71,09oC , dan 78,38oC serta 75,12°C, 78,88°C, dan 88,27°C. Stratifikasi termal terbesar pada variasi debit aliran 2 LPM dengan nilai bilangan Richardson 24,86 dan heat flux 1200 W/m2 dengan nilai bilangan Richardson 16,63. Semakin kecil debit aliran HTF maka tingkat stratifikasi termalnya tinggi dan semakin besar heat flux maka tingkat stratifikasi termalnya juga tinggi. Debit aliran memberi pengaruh yang lebih dominan terhadap stratifikasi termal dibanding dengan heat flux.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: HTF, indoor, PATS, PCM, stratifikasi termal
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 16 Feb 2024 07:02
Last Modified: 16 Feb 2024 07:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44513

Actions (login required)

View Item
View Item