MUHAMMAD TAUFIK HARDIANTO (2024) KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP DALAM PENGELOLAAN RUANG TERBUKA HIJAU PUBLIK KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (380kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Bab I.pdf
Download (332kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (872kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (764kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (248kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dilakukan sebagai langkah untuk mengembalikan efisiensi penggunaan lahan yang seharusnya menjadi RTHP. Beberapa masalah yang muncul termasuk penggunaan lahan RTHP yang tidak sesuai dan kurangnya pengelolaan optimal oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Salah satu hambatan utama adalah keterbatasan sumber daya manusia dengan perbandingan yang tidak proporsional antara luas area kerja dan jumlah personil.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif untuk mendapatkan kesimpulan yang objektif. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini pihak dinas dan masyarakat sebagai sumber informasi. Jenis data yang digunakan oleh peneliti yaitu data primer dan data sekunder, yang dimana data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisa dari penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian penulis dalam kinerja pengelolaan RTHP Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta yakni produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas telah dilaksanakan dengan baik. Tetapi dalam produktivitas bagian keterampilan mengelola waktu masih kurang karena jumlah petugas dengan jumlah RTHP yang kurang seimbang akibatnya waktu pengelolaan kurang optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kinerja dinas dalam mengelola RTHP sudah optimal. Namun, kemampuan dinas dalam memberikan pelayanan harus ditingkatkan terus agar pelayan yang diberikan prima dan memperoleh kepuasan dari masyarakat. Kemudian yang harus ditingkatkan yakni kenyamanan masyarakat dalam menggunakan lahan RTHP, sarana dan prasarana yang harus lebih memadai.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Performance, Public Services, Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 06:46 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 06:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44522 |