SISTEM MONITORING RPM DAN KECEPATAN BERBASIS IOT PADA MOBIL LISTRIK KHAD-UMY

CAHAYA AJI PAMUNGKAS (2024) SISTEM MONITORING RPM DAN KECEPATAN BERBASIS IOT PADA MOBIL LISTRIK KHAD-UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (908kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memberikan solusi terhadap permasalahan pada mobil listrik Lingsar Proto EV-2 KHAD-UMY yang belum dilengkapi dengan fitur monitoring RPM dan kecepatan secara jarak jauh. KHAD-UMY merupakan kegiatan unik mahasiswa yang aktif dalam kompetisi mobil hemat energi di Indonesia dan Asia. Namun, kekurangan tersebut menjadi tantangan dalam memantau kinerja kendaraan secara efektif.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan prototipe sistem monitoring RPM(Rotasi Per Menit) dan kecepatan kendaraan secara jarak jauh. Harapannya, prototipe ini dapat membantu driver dan tim dalam memantau dengan akurat kecepatan RPM(Rotasi Per Menit) dan laju kendaraan. Metode validasi digunakan dengan membandingkan hasil ukur prototipe monitoring jarak jauh dengan alat yang lebih objektif, yaitu tachometer DT2234C+ untuk RPM(Rotasi Per Menit) dan speedometer Bycycle 548B untuk kecepatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase akurasi pengukuran RPM(Rotasi Per Menit) sebesar 98,48%, sedangkan persentase akurasi pengukuran kecepatan mencapai 98,47%. Dengan demikian, prototipe ini dapat diandalkan dalam memberikan informasi yang akurat dan berguna bagi pengemudi serta tim KHAD-UMY dalam memantau performa mobil listrik Lingsar Proto EV-2.Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan teknologi monitoring pada mobil listrik, yang dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan kendaraan. Selain itu, penelitian ini memberikan dasar bagi pengembangan lebih lanjut dalam implementasi teknologi serupa pada kendaraan hemat energi lainnya. Dengan adanya prototipe ini, diharapkan KHAD-UMY dapat semakin bersaing dan unggul dalam kompetisi mobil hemat energi di tingkat regional maupun internasional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: RPM, speed, accuracy,IoT
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 13 Feb 2024 04:05
Last Modified: 13 Feb 2024 04:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44571

Actions (login required)

View Item
View Item