MULTAZIMAH ADHA LUBIS (2024) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIFDALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN KOMUNIKASI MAHASISWA PAI UMY ANGKATAN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (536kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (576kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Bab I.pdf
Download (196kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (381kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (378kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Seorang pendidik tentunya memiliki berbagai strategi untuk menunjang pembelajaran. Penerapan dari strategi merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh guru saat memulai kegiatan pembelajaran. Strategi pendidik dalam proses pembelajaran merupakan salah satu kunci dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran kolaboratif pada mahasiswa PAI UMY Angkatan 2022, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dan komunikasi mahasiswa PAI UMY Angkatan 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 8 mahasiswa dan 4 dosen PAI UMY. Data diambil melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, dan Kesimpulan (verification). Untuk menguji kebasahan data peneliti menggunakan teknik Triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaran kolaboratif sudah dilakukan semua dosen PAI UMY dalam mengajar. Pembelajaran kolaboratif yang dilakukan dosen PAI UMY mengacu pada kurikulum Merdeka belajar yaitu mahasiswa dituntut lebih aktif dalam pembelajaran sedangkan dosen hanya sebagai fasilitator, hal tersebutlah yang diterapkan oleh para dosen PAI UMY dalam melaksanakan proses pembelajaran. Pada penerapan pembelajaran kolaboratif yang dilakukan oleh beberapa dosen PAI UMY dalam mengajar yaitu Group Investigasi, Learning Together, dan Student Team Achievement Division karena dengan pembelajaran kolaboratif dengan model ini dapat meningkatkan kemampuan kerjasama dan komunikasi mahasiswa. 2) Faktor pendukung pada penerapan strategi pembelajaran kolaboratif yaitu kompetensi dosen PAI UMY dalam menjelaskan pembelajaran sangat baik ketika mengajar dan membimbing mahasiswa, Sarana prasarana yang ada di PAI UMY sangat mendukung dan lengkap dalam penerapan strategi pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dan komunikasi, Karakter beberapa mahasiswa PAI UMY yang berkontribusi dengan baik dalam penerapan strategi pembelajaran kolaboratif. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: Waktu yang berlangsung saat penerapan strategi pembelajaran kolaboratif dikelas kurang maksimal, Kondisi beberapa mahasiswa yang kurang berkontribusi saat penerapan strategi pembelajaran kolaboratif dikelas maupun diluar kelas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementation of Collaborative Learning, Cooperation Skill, Communication |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 06:08 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 06:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44590 |