ALFIAN ISTYANTA (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (245kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (136kB)
Bab I.pdf
Download (122kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (278kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (73kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (652kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (240kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan karakter dikenal sebagai pendidikan nilai-nilai moral dan pembentukan kepribadian yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengevaluasi dan membuat keputusan yang baik dan buruk mengenai suatu hal. Melalui program tahfidz Al-Qur�an dapat membantu Lembaga Pendidikan dalam menanamkan nilai karakter pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program tahfidz dalam pembentukan nilai karakter santri pondok pesantren Ibnul Qoyyim putra. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitiannya adalah 2 orang asatidz pengampu program tahfidz dan 4 santri putra yang mengikuti program tahfidz. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) program Al-Qur�an pondok pesantren Ibnul Qoyyim putra terdiri atas beberapa tahap, yaitu tahap perencanaan yang dilakukan untuk menetapkan program yang akan dilaksanakan, menentukan indikator keberhasilan program tahfidz Al-Qur�an, menetapkan penanggung jawab program dan mengatur jadwal kegiatan program tahfidz Al-Qur�an pondok pesantren Ibnul Qoyyim putra. Tahap pelaksanaan,di mana pelaksanaan program tahfidz dilakukan dengan berlandaskan peraturan-peraturan, kemudian didukung dengan fasilitas penunjang dan metode tahfidz Al-Qur�an menggunakan metode takrir dan metode talqin. Tahap evaluasi yang dilakukan 2 minggu sekali oleh para asatidz. 2) Program tahfidz Al-Qur�an di pondok pesantren Ibnul Qoyyim putra berimplikasi terhadap terbentuknya karakter religius santri menjadi lebih baik seperti: karakter tanggung jawab, disiplin, hormat dan patuh, mandiri, kerja keras serta jujur.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahfidz Program, Student Character |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 04:23 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 04:23 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44602 |