HUBUNGAN DUKUNGAN INSTRUMENTAL KELUARGA TERHADAP SKOR BRIEF PSYCHATRIC RATING SCALE PADA PASIEN SKIZOFERNIA DI INSTALASI RAWAT INAP RS JIWA GRHASIA DIY

KARTIKA EKA PRASTI (2015) HUBUNGAN DUKUNGAN INSTRUMENTAL KELUARGA TERHADAP SKOR BRIEF PSYCHATRIC RATING SCALE PADA PASIEN SKIZOFERNIA DI INSTALASI RAWAT INAP RS JIWA GRHASIA DIY. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Pendahuluan : Skizofrenia merupakan salah satu gangguan jiwa yang cukup tinggi terjadi dunia. Skizofrenia juga merupakan sekelompok reaksi psikotik yang mempcmgaruhi berbagai area fungsi individu, tennasuk berpikir dan berkomunikasi, menerima, dan mengintreprestasikan realistis, merasakan dan menunjukkan cmosi, dan berperilaku dengan sikap yang tidak dapat diterima secara sosial. Perubahan gejala skizofrenia dapat diukur menggunakan skala penilaian psikiatrik yang terdiri dari 18 item yaitu skor Brief Psychiatric Rating Scale (BPRS). Keluarga sebagai salah satu sistcm pendukung utama dalam rehabilitasi penderita skizofrenia diharapkan memberikan dukungan keluarga. Salah satu dukungan kcluarga adalah dukungan instrumental keluarga merupakan fungsi ekonomi dan fungsi perawatan kesehatan yang diterapkan keluarga terhadap anggota keluarga. Tujuan : Penelitian ini beriujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan instrumental keluarga terhadap skor brief psychiatric rating scale pada pasien skizofrcnia di instalasi rawat inap RS Jiwa Grhasia DIY. IVIetode : desain penelitian ini adalah diskriptif analitik dengan pcndckatan cross sectionat Sampel adalah keluarganya dan penderita skizofrenia yang scdang tnenjalani rawat inap di RS Jiwa Grhasia DIY yaitu sebanyak 50 orang penderita skizofrenia dan 50 orang keluarga penderita skizofrenia yang memenuhi kriteria. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioncr diuji statistik dengan menggunakan Spearman's cor•elation datgan nilai signifikansi <0,05. Hasil : Scbagian besar dukungan instrumental keluarga dalam katcgori rcndah (52%) scdangkan skor briel psychiatric rating scale pada penderita skizofrenia dalam katcgori tinggi (62%). Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikansi antara dukungan instrumental keluarga terhada skor brief psychiatric rating scale pada pasien skizofrenia di instalasi rawat inap RS Jiwa Grhasia DIY dengan nilai signifikansi 0,738, dengan demikian Ha ditolak. Kesimpulan dan saran : Tidak ada hubungan dukungan instrumental keluarga terhadap skor brief psychiatric rating scale pada pasien skizofrenia di instalasi rawat inap RS Jiwa Grhasia DIY. Sehingga disarankan untuk keluarga dapat memberikan dukungan instrumental keluarga kepada penderita skizofrenia yang masih di rawat inap RS Jiwa Grhasia DIY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Family Instrumental Support, BPRS, schizophrenia
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2024 07:28
Last Modified: 26 Feb 2024 07:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44626

Actions (login required)

View Item
View Item