PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 2 KABUPATEN CIREBON

NURLELA (2014) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH 2 KABUPATEN CIREBON. S3 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46MB)

Abstract

Lembaga pendidikan di lingkungan Pcsyarikatran Muhammadiyah mempunyai kekhususan dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Disamping mengikuti kurikulum pendidikan sebagaimana yang ditetapkan pemerintah juga terdapat muatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Oleh karena itu, output yang dihasilkan dari lembaga tersebut juga diharapkan memiliki karaktcr yang melebihi lembaga pendidikan lainnya yang sederajat. SMP Muhammadiyah 2 Cirebon telah meluluskan siswa yang dapat memberi kontribusi bagi pengembangan dakwah Islam. Dalam kenyataan pembclajaran terdapat nilai-nilai yang dikembangkan dari ajaran Islam sebagai nilai ideal dan pengalaman terbaik dari para tokoh Muhammadiyah yang meliputi aspek keimanan (semangat), aspek peribadatan (taat), aspek keihsanan (kebaikan), aspek keikhlasan (harmonitas), dan aspek jihad (mengajak kepada yang baik dengan cara yang baik). Sungguhpun demikian, masih ditemukan kckurangan dalam pcmbcntukan kepribadian pescrta didiknya seperti adanya peserta didik yang malas, membolos, berperilaku buruk lainnya. Masalahnya adalah bagaimana pemodelan yang efektif dalam penerapan pendidikan karaktcr di SMP Muhammadiyah 2 Kabupaten Cirebon tersebut. Tujuan penclitian ini adalah untuk menegambarkan: 1) Pemahaman guru dan kepala sekolah tentang pendidikan karakter; (2) Pelaksanaan pendidikan karakter-, (3) Pcnanaman nilai-nilai karakter; (4) Dampak pcnanaman nilai-nilai karakter terhadap kepribadian peserta didik. Penelitian ini bertitik tolak dari pernikiran, bahwa inti dari pendidikan adalah Tarbiyah yaitu membimbing, mcngajar dan melatih peserta didik untuk tertanamnya nilai-nilai kebaikan sehingga mercka memiliki pengetaltuan, sikap dan ketrarnpilan serta berkomitmen untuk menunjukkan kebaikan lersebut dan berdampak terhadap kebaikan personal dan sekaligus kebaikan lembaga pendidikan dimana mereka menggali ilrnu pengetahuan. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran, bahwa inti dari pendidikan adalah Tarbiyah yaitu membimbing, mengajar dan melatih peserta didik untuk tertanamnya nilai-nilai kebaikan sehingga mereka memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan seria berkomitmen untuk menunjukkan kebaikan tersebut dan berdampak terhadap kebaikan personal dan sekaligus kebaikan lembaga pendidikan dimana mereka menggali ilmu pengetahuan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu memberikan deskripsi secara obyelctif terhadap penanaman dari aktivitas warga sekolah dalam membangun peserta didik di SMP Muhammadiyah 2 Kabupaten Cirebon. Data diperoleh dengan cara observasi partisipasi wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Dari data yang terkumpul kemudian dilakukan analisis interaktif dari sejak penemuan masalah sampai pengambilan kesimpulan penelitian. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pemahaman guru-guru dan kepala tentang pendidikan karakter belum begitu mendalam. Sebagaian besar mereka belum dapat menjelaskan pengertian dan definisi pendidikan karakter secara jelas dan komprehensif, namun mereka mampu menyisipkan muatan-muatan karakter dalam sefiap pembelajaran. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter dilakulcan melalui pembelajaran di kelas, budaya sekolah, penyisipan dalam mata pelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan eskalasi pembelajaran. (3) Nilai-nilai yang ditanamkan dalam pembelajaran mencakup kedisiplinan, keteraturan, kebaikan, kemaslahatan, dan kebenaran. (4) Sedangkan dampak dari penanaman nilai tersebut terlihat dari kepribadian peserta didik yang memperoleh prestasi baik secara akademik maupun non akademik.

Item Type: Thesis (S3)
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:30
Last Modified: 28 Feb 2024 07:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44633

Actions (login required)

View Item
View Item