PENGARUH PERSEPSI MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN DAN MUTU KONSULTASI DOKTER SPESIALIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RS PKU MUHAMMAD SRUWUNG

RISKIYANA (2012) PENGARUH PERSEPSI MUTU PELAYANAN RAWAT JALAN DAN MUTU KONSULTASI DOKTER SPESIALIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RS PKU MUHAMMAD SRUWUNG. S2 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar Belakang : Kepuasan pasien merupakan suatu hal yang harus diperhatikan. Semua dokter spesialis yang bekerja di RS PKU Muhammadiyah Sruweng bukanlah dokter tetap, sehingga berpengaruh terhadap komitmen dokter spesialis terhadap RS PKU Muhammadiyah Sruweng. Tujuan penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dimensi mutu pelayanan (reliability, responsiveness, assurance, empathy, tangibles) rawat jalan dan mutu konsultasi dokter spesialis terhadap kepuasan pasien di RS PKU Muhammadiyah. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan cross sectional survey. Subyek penelitian ini adalah seluruh pasien pengunjung instalasi rawat jalan RS PKU Muhammadiyah Sruweng yang memenuhi kriteria tertentu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner kepada 90 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik purposive sampling dan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil : Variabel dimensi reliability mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien sebesar 2,258. Variabel dimensi responsiveness mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien sebesar 2,299. Variabel dimensi assurance mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien sebesar 2,032. Variabel dimensi empathy mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien sebesar 2,284. Variabel dimensi tangibles mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien sebesar 2,380. Variabel mutu konsultasi dokter spesialis mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien sebesar 3,014. Variabel dimensi mutu pelayanan (reliability, responsiveness, assurance, mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien RS PKU Muhammadiyah Sruweng. Hal ini dapat dilihat dari nilai F sebesar 16,295. Kesimpulan dan saran: Dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama dimensi mutu pelayanan(reliability, responsiveness, as.surance, empathy, tangibles) dan mutu konsultasi dokter spesialis mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sruweng. Untuk meningkatkan kepuasan pasien, diharapkan RS PKU Muhammadiyah Sruweng lebih meningkatkan mutu pelayanan dan mutu konsultasi dokter spesialis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: service quality, quality of doctor specialist's consultation and patient's satisfaction
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:42
Last Modified: 20 Mar 2024 01:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44706

Actions (login required)

View Item
View Item