ROSITA UMANI (2007) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS). S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (358kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (925kB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (16MB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (919kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (42MB)
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebagai upaya mengungkapkan pelaksanaan pembelajaran matcmatika dengan LKS untuk memperbaiki dan meningatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran matematika kelas IX A MTsN Wonokromo Bantul dengan jurnlah siswa 35 anak, pada semester genap, yaitu bulan Februari sampai April tahun pelajaran 2006/2007. Penelitian ini dilaksakan dalam dua siklus. Siklus pertama terdiri atas cmpat pertemuan dan siklus kedua lima pertemuan. Pada siklus 1 pcmbelajaran mengenai Pola Bilangan dilaksanakan melalui metode diskusi, kerja kelompok dcngan menggunkan LKS sebagia media pembelajaran. Siklus kedua materi Persamaan Kuadrat dilaksanakan pembelajaran dengan tutor sebaya sebagai sumber belajar dengan menggunakan LKS juga. Data aktivitas siswa diperoleh mclalui angket, sedangkan data prestasi belajar siswa diperolch mclalui dokumentasi. Validitas instrument sebelum diujicobakan, dikonsultasikan dengan para ahli. Kemudian diuji dengan korelasi Product Moment. Dari 15 pertanyaan temyata semua sahih. Reliabilitasnya dengan rumus Alpha Cronbach, koefisien reliabilitas instrument aktivitas = 0,776 dan diinterpretasikan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada peningkatan aktivitas belajar matematika, yang semula rata-rata aktifitas 1,5 dengan criteria rendah setelah dilaksanakan pembelajaran dengan LKS, menjadi rata-rata aktivitas sebesar 2,3 dengan criteria cukup, (2) ada peningkatan prestasi bclajar matematika dengan menggunakan LKS dengan nilai rata-rata ulangan harian sebesar 6,7 pada siklus 1 meningkat menjadi 7,02 pada siklus II. Pencapaian nilai ini meningkat sebesar 0,32 dibanding nilai siklus 1 yang hanya 6,7. Pelaksanaan pembelajaran dengan LKS melalui metode diskusi, kerja kelompok dan tutor sebaya dapat meningkatkan mutu proses maupun hasil pembelajaran matematika siswa kelas IX A MTsN Wonokromo Bantul.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 21 Mar 2024 03:51 |
Last Modified: | 21 Mar 2024 03:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44711 |