SUHARTONO (2014) EVALUASI PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI TAMAN KANAK-KANAK MASJID KAMPUS UGM CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (431kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (6MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (26MB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (853kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (753kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (32MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat pengetahuan guru terkait pembelajaran tematik di Taman Kanak-kanak Masjid Kampus UGM. (2) Mengetahui tingkat kesesuaian pelaksanaan pembelajaran tematik di Taman Kanak-kanak Masjid Kampus UGM dengan prinsip-prinsip pembelajaran tematik. (3) Mengetahui tingkat kesesuaian pelaksanaan pembelajaran tematik di Taman Kanak-kanak Masjid Kampus UGM dengan perkembangan psikologi anak usia Taman Kanak-kanak. (4) Mengetahui tingkat basil belajar anak didik melalui pembelajaran tematik di Taman Kanak-kanak Masjid Kampus UGM. (5)Mengidentifikasi faktor apa saja yang menghambat proses pembelajaran tematik di Taman Kanak-kanak Masjid Kampus UGM.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluative. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis, dengan langkah-langkah: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Analisis kualitatif deskriptif dalam penelitian ini untuk mencari uraian meyeluruh, mendalam dan cermat terhadap pelaksanaan pembelajaran pendekatan tematik di Taman Kanak-kanak Masjid Kampus UGM.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tingkat pengetahuan guru terkait pembelajaran tematik dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) secara umum sudah baik, adapun terkait dengan pengertian pembelajaran tematik yang menjadi dasar teori pelaksanaan pembelajaran tematik guru masih memiliki pengetahuan yang beragam, pengetahuan guru terkait ciri perkembangan anak usia dini juga belum komprehensif. (2)Pelaksanaan pembelajaran tematik di Taman Kanak-kanak Masjid Kampus UGM telah sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran tematik. (3) Pelaksanaan pembelajaran tematik di Taman Kanak-kanak Masjid Kampus UGM telah sesuai dengan perkembangan psikologi anak usia taman kanak-kanak. (4) Hasil belajar anak didik di Taman Kanak-kanak Masjid Kampus UGM secara umum berhasil dengan baik. (5) Faktor penghambat dalam pembelajaran tematik di Taman Kanak-kanak Masjid Kampus UGM dari sisi penyelenggaraan sekolah yayasan belum memiliki konsep pendidikan, yayasan juga belum memiliki program pembinaan terhadap guru dan karyawan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluation, thematic learning, kindergarten |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 May 2024 02:03 |
Last Modified: | 06 May 2024 02:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44736 |