SUKRA (2014) PROFESIONALISME PENGAWAS PAI DALAM BIDANG PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (STUDI KASUS PENGAWAS PAI SMP, SMA, DAN SMK DI KABUPATEN PASER). S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (4MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (354kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (999kB)
BAB. I.pdf
Download (5MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (21MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (19MB)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengevaluasi tingkat profesionalisme pengawas PAI dalam bidang penelitian dan pengembangan serta mendeskripsikan faktor-fakor yang menentukan profesional tersebut. Penelitian dengan pendekatan kualitatif, subyek penelitian pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Paser. Penggalian data melalui wawancara, dokumenatsi dan catatan lapangan, sedangkan teknik analisis data deskriptif analisis dan deskriptif evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengawas PAI telah memenuhi kualifikasi sebagai pengawas profesional dari aspek pendidikan, aspek kode etik profesi, kemampuan teknis seperti kemampuan menilai hasil program, dan penyusunan laporan kepengawasan. Namun kemampuan teknis lainnya seperti keahlian dalam menyusun program supervisi dan kegiatan pembinaan, pembimbingan guru masih bersifat konvensional dan administrasif. Pengawas PAI belum mengusai berbagai metode, pendekatan, jenis penelitian dalam pendidikan, belum mampu untuk menjelaskan, mengidentifikasi, merumuskan dan menganalisis masalah penelitian pendidikan, belum mampu menyusun proposal penelitian pendidikan baik penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif, belum mampu melaksanakan penelitian pendidikan dan belum mampu mengolah dan menganalisis data hasil penelitian pendidikan. Adapun kemampuan pengawas PAI untuk menulis karya tulis ilmiah, untuk menyusun panduan, mampu memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas dilakukan kerjasama dengan MGMP PAI dan LPMP. Dengan demikian Pengawas PAI telah layak sebagai pengawas PAI profesional dan aspek pendidikan bukan pada aspek teknis. Adapun pengawas PAI belum dapat dinyatakan sebagai pengawas yang profesional dalam bidang penelitian dan pengembangan ditandai dengan ketidakmampuan pengawas dalam pemahaman, perencanaan, pelaksanaan penelitian pendidikan. Bebarapa kemampuan yang ditunjukkan oleh pengawas tidak dilakukan oleh pengawas secara mandiri, tetapi kerjasama dengan pihak lain.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Professionalism Supervisory PAI; Competencies Research and Development |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 May 2024 03:50 |
Last Modified: | 06 May 2024 03:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44740 |