PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MENSTRUASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KECEMASAN MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI KELAS IV-V SD NEGERI SONOSEWU NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

TITIS ANGGARINI (2013) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MENSTRUASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KECEMASAN MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI KELAS IV-V SD NEGERI SONOSEWU NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
INTISARI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB. I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB.V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Perkembangan anak dari usia anak sekolah menjadi rcmaja ditandai dengan perubahan fisik dan pubertas. Kejadian yang penting dalam pubertas pada anak perempuan adalah adanya menarche. Menarche merupakan tanda awal masuknya seorang perempuan dalam masa reproduksi. Perubahan lisik yang tetjadi dapat mengakibatkan dampak negatif seperti bingung, malu, cemas, bahkan takut. Mengingat hal tersebut mclalui pemberian pendidikan kesehatan tentang menstruasi pada anak usia sekolah diharapkan mereka mendapatkan informasi hagaimana menghadapi menarche agar tidak menimbulkan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang menstruasi terhadap tingkat pengetahuan menstruasi dan kecemasan menghadapi menarche pada siswi kelas IV - V SD Negeri Sonosewu Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperiment dengan rancangan Pre-Post Test with Control Group. Responden pada penelitian ini berjumlah 40 responden dengan menggunakan teknik Total Sampling. Analisa data yang digunakan adalah Wilcoxon Sired Rank Test dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini didapatkan pengetahuan siswi tentang menstruasi sebelum diberikan pendidikan kesehatan pada kelompok eksperimen dan kontrol pada kategori cukup dan setelah diberikan pendidikan kesehatan pada kelompok eksperimen meningkat dengan nilai p = 0,001 (p<0,05) , sedangkan tingkat kecemasan siswi dalam menghadapi menarche sebelum diberikan pendidikan kesehatan pada kelompok eksperimen dan kontrol pada kategori sedang dan setelah diberikan pendidikan kesehatan pada kelompok eksperimen menurun dengan nilai p = 0,011 (p<0,05). Berdasarkan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang menstruasi terhadap tingkat pengetahuan menstruasi dan kecemasan menghadapi menarche pada siswi kolas IV - V SD Negeri Sonosewu Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Health Education, Knowledge, Menstruation, Anxiety, Menarche
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 May 2024 08:33
Last Modified: 08 May 2024 08:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44759

Actions (login required)

View Item
View Item