MAROSOK NILAI-NILAI ISLAM DALAM POLA KOMUNIKASI PADA JUAL BELI TERNAK DI BALAI TARANAK MATUR SUMATERA BARAT

Enggi Rahmat Firmanto (2021) MAROSOK NILAI-NILAI ISLAM DALAM POLA KOMUNIKASI PADA JUAL BELI TERNAK DI BALAI TARANAK MATUR SUMATERA BARAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini guna memahami pola komunikasi tradisi marosok antara sesama penjual dalam budaya dagang Minangkabau kemudian mengetahui nilai-nilai islam yang terdapat didalam tradisi Marosok tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi filed research yaitu penelitian yang digunakan untuk memahami fenomena-fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik (menyeluruh) dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Subjek penelitian adalah para pedagang ternak dan pembeli ternak di Balai Taranak Matua serta beberapa petinggi adat didaerah matur yang masih melestarikan kebudayaan tradisi marosok. Subjek dipilih secara perwakilan saja bebera papelaksana Tradisi Marosok ini saja (sampel bertujuan) dengan jumlah 5 orang.
Pola Komunikasi Tradisi Marosok antara sesama penjual dan pembeli dalam budaya dagang minangkabau dibentuk atas dasar kesadaran, untuk menjagasilaturahmi melalui forum diskusi antara sesama penjual dan pembeli, keharusan mewariskan nilai kebudayaan dan membantu antar sesama. Oleh karena itu, semua penjual dan pembeli ternak dengan cara marosok ini berpartisipasi aktif menuangkan semua pengalaman yang didapatkan selama bertransaksi dan kemudian dibagi keforum, dan mengambil pelajaran. Pelajaran inilah yang kemudian digunakan sebagai landasan bertindak dalam berdagang dikemudian hari yang akan dilestarikan secara turun-temurun.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2021 02:41
Last Modified: 16 Dec 2021 02:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4476

Actions (login required)

View Item
View Item