UFIYAH RAMLAH (2014) KONSEP SETTING DAN STRATEGI PENGELOLAAN RUANG BERMAIN DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS TEMPAT PENGASUHAN ANAK BERINGHARJO, SEKOLAH TK&PLAYGROUP KREATIF PRIMAGAMA DAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM TERPADU UNTUK ANAK USIA DINI). S2 thesis, UNSPECIFIED.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (3MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (418kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (815kB)
BAB I.pdf
Download (9MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (17MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (19MB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (27MB)
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui: 1) Konsep setting ruang bermain yang dapat menunjang kretivitas anak; 2) penataan runag bermain yang dapat menunjang kreativitasa anak yang sesuai dengan perkembangannya; 3) pengelolaan elemen fisik ruang bennain dalam mengembangkan kreativitas pada anak; 4) pola setting ruang bermain (indoor) yang di lakukan di tiga tempat penitipan anak (TPA) besar Yogyakarta. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) bersifat deslcriptif kualitatif non statistik dengan menggunakan studi kasus (case study). Data diperolch melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan analisis tnngulasi dari Moleong, yakni tringulasi cumber, tringulasi dengan metode dan tringulasi dengan tcori. Penelitian ini dilaksanakan di Tiga tempat penitipan anak (TPA) besar Yogyakarta yaitu Sekolah TK & Playgroup kreatif Primagama, Taman Pengasuhan Anak (TPA) Benngharjo dan Lembaga Pendidikan Ism Terpadu untuk Anak Usia Dint Tiara Candra.
Basil penelitian ini menemukan bahwa: I) Konsep setting ruang bermain yang diterapkan pada setiap lembaga yaitu menggunakan konsep Homeschooling dengan Remand center and crick times (BCCT) dan sudut pada wank; bermain 2) penataan ruang bermain dengan menggunakan sistcm pembelajaran berdasarkan BCCT dan sudut runag bermain yang di sesuaikan dengan peralatan sesuai dengan masa perkembangannya 3) pengelolaan elemen fisik ruang bermain seperti pemilihan warna dan furniture disesuaikan dengan kebutuhan anak sena tidak rnengandung bahan yang berbahaya 4) pola setting ruang bermain ditata sesuai dengan konsep ruang bermain seperti yang tetah terprogramkan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Playroom, Early Childhood, Creativity |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 10 May 2024 01:57 |
Last Modified: | 10 May 2024 01:57 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44761 |