WAHYU KUSRINI (2012) ANALISIS BAURAN PEMASARAN JASA DALAM PEMANFAATAN RAWAT JALAN BERDASARKAN PERSEPSI PASIEN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH PUSAT YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (350kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (986kB)
BAB. I.pdf
Download (2MB)
BAB. II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
BAB. IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (12MB)
BAB. V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (559kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
Abstract
Latar Belakang: Pemasaran merupakan salah satu masalah bagi setiap rumah sakit atau organisasi pelayanan kesehatan Iainnya. Oleh karena itu rumah sakit perlu mendesain program yang bisa dikontrol oleh organisasi, slat tresebut yang lazim disebut bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran mencakup aspek product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidance. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi pasien terhadap bauran pemasaran dalam pemanfaatan rawat jalan. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitaif dan kualitatif. Instrument penclitian ini menggunakan kuesioner kepada 97 orang pasien yang telah memanfaatkan pelayanan rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Data penelitian dianalisis secant kuantitatif dengan metode univariat, kuantitatif dengan program SPSS. Basil: Berdasarkan hasil penelitian diketahui persepsi pasien tenting product baik dengan mean sebesar (3,02), persepsi pasien tentang price baik dengan mean sebesar (2,86), persepsi pasien tentang place baik dengan mean sebesar (2,79), persepsi pasien tentang promotion tidak baik dengan mean sebesar (2,42), persepsi pasien tentang people balk dengan mean sebesar (2,9), persepsi pasien tentang process baik dengan mean sebesar (2,64), persepsi pasien tentang physical evidance baik dengan mean sebesar (2,63). Hasil penelitian persepsi pasien tentang bauran pemasaran baik.
Kesimpulan: Persepsi pasien terhadap bauran pemasaran memiliki hasil yang balk dalam pemanfaatan rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Mix, Patient Perception, Hospital |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 14 May 2024 04:03 |
Last Modified: | 14 May 2024 04:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44772 |