WIDADA (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ADAPTIF BAGI SISWA SMA LB TUNAGRAHITA RINGAN (STUDI KASUS DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA). S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
HALAMAN JUDUL.pdf
Download (2MB)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (12MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13MB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only
Download (765kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan agama islam adaptif bagi siswa SMALB Tunagrahita Ringan kelas X di SLB Negeri pembina Yogyakarta. Hal ini dilatarbelakangi bahwa siswa tunagrahita memiliki keterbatasan kecerdasan karena mereka rata-rata hanya memiliki IQ antara 55 sampai 70 sehingga mereka tidak dapat disamakan dengan siswa pada umumnya. Berdasarkan fenomena di alas, penulis ingin mengkaji bagaimana implementasi PAI Adaptif, mated dan metode pembelajaran PAI Adaptif yang tepat untuk siswa kelas X SMALB Tunagrahita Ringan Metode Penelitian ini menggunakan kualitatif yaitu mendiskripsikan tentang Implementasi Pendidikan Agama Islam Adaptif bagi siswa SMALB Tunagrahita Ringan Kelas X di SLB Negeri pembina Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMALB Tunagrahita ringan sebanyak enam siswa dan seorang guru PAI SMALB di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penggalian data melalui wawancara dan dukumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah menelaah seluruh data, reduksi data, kategorisasi data dan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI untuk anak tunagrahita disesuaikan dengan kemampuan peserta didik atau disebut PAI Adaptif dengan cam : 1. Menyederhanakan materi (downgrade) bila mated PAI yang terlalu sulit. 2. Menghindari penyampaian mated PAI secara abtralc, teoristis, dan verbal. 3. Penyampaian mated PAI secara kontektual, praktis, mudah, visual, bertahap, berkesinambungan dan berulang-ulang . 4. Mengoptimalkan potensi afektif dan psikomotorik dari pada kognitif. 5. Pendekatan pembelajaran individual. 6. Menggunakan media dan metode yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. 7. PAI Adaptif dapat dijadikan terapi psikologis bagi siswa tunagrahita. Hal yang dapat disimpulkan dad analisis di atas adalah siswa SMALB Tunagrahita Ringan sesuai dengan PAI Adaptif. Kata kunci: Pembelajaran PAI Adaptif; Anak Tunagrahita Ringan; Terapi Psikologis.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 15 May 2024 02:39 |
Last Modified: | 15 May 2024 02:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44776 |