SEKAR MUTIARA ALIFA (2024) STRATEGI MEDIA RELATIONS PT. PERTAMINA GAS DALAM MENJAGA HUBUNGAN BAIK DENGAN MEDIA TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (955kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (92kB)
Bab I.pdf
Download (395kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang menganalisis tentang strategi media relations PT. Pertamina Gas dalam menjaga hubungan baik dengan media tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan pengumpulan dokumen. Obyek dari penelitian ini adalah PT. Pertamina Gas (Pertagas). Informan penelitian tiga orang tim humas Pertagas dan dua wartawan yang bekerjasama dengan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana strategi media relations Pertagas diimplementasikan serta untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi oleh Pertagas dalam menjaga hubungan yang positif dengan media yang dilaksanakan oleh Bagian Communication, Relations & CSR (Comrel) dan External Relations (Exrel). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Comrel dan Exrel Pertagas melaksanakan strategi media relationsyaitu mengelola relasi dengan cara melayani media dengan memberikan informasi perusahaan, membangun reputasi yang terpercaya dengan pemberian sponsorship, memberikan naskah informasi melalui press release, melakukan kerja sama dengan menghadirkan spokesperson, memberikan fasilitas saat peliputan dan membangun hubungan personal melalui press luncheon serta mengembangkan jaringan. Adapun tantangan dalam media relations adalah terkait pengelolaan relasi dengan media yang tidak terdaftar di Dewan Pers. Selain itu hambatan yang dialami Pertagas adalah terkait perlunya menjaga reputasi sebagai instansi yang netral dikalangan pemerintah, investor dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategy Media Relations, Public Relations BUMN, Pertagas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 27 May 2024 08:39 |
Last Modified: | 27 May 2024 08:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44830 |