STRATEGI MEDIA RELATIONS PT. PERTAMINA GAS DALAM MENJAGA HUBUNGAN BAIK DENGAN MEDIA TAHUN 2022

SEKAR MUTIARA ALIFA (2024) STRATEGI MEDIA RELATIONS PT. PERTAMINA GAS DALAM MENJAGA HUBUNGAN BAIK DENGAN MEDIA TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menganalisis tentang strategi media relations PT. Pertamina Gas dalam menjaga hubungan baik dengan media tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan pengumpulan dokumen. Obyek dari penelitian ini adalah PT. Pertamina Gas (Pertagas). Informan penelitian tiga orang tim humas Pertagas dan dua wartawan yang bekerjasama dengan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana strategi media relations Pertagas diimplementasikan serta untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi oleh Pertagas dalam menjaga hubungan yang positif dengan media yang dilaksanakan oleh Bagian Communication, Relations & CSR (Comrel) dan External Relations (Exrel). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Comrel dan Exrel Pertagas melaksanakan strategi media relationsyaitu mengelola relasi dengan cara melayani media dengan memberikan informasi perusahaan, membangun reputasi yang terpercaya dengan pemberian sponsorship, memberikan naskah informasi melalui press release, melakukan kerja sama dengan menghadirkan spokesperson, memberikan fasilitas saat peliputan dan membangun hubungan personal melalui press luncheon serta mengembangkan jaringan. Adapun tantangan dalam media relations adalah terkait pengelolaan relasi dengan media yang tidak terdaftar di Dewan Pers. Selain itu hambatan yang dialami Pertagas adalah terkait perlunya menjaga reputasi sebagai instansi yang netral dikalangan pemerintah, investor dan masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategy Media Relations, Public Relations BUMN, Pertagas
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 27 May 2024 08:39
Last Modified: 27 May 2024 08:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44830

Actions (login required)

View Item
View Item