YUSTISIA SALSABIL KHOLISAH (2024) IMPLEMENTASI ASAS KETEPATAN WAKTU DALAM PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP PESERTA BPJS KESEHATAN DI RSUD DR. DARSONO PACITAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (28kB)
Bab I.pdf
Download (140kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (107kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (820kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (39kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (81kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (917kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (823kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
BPJS Kesehatan merupakan bagian dari JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) sebuah kebijakan pemerintah di bidang Kesehatan yang bertujuan untuk menyelenggarakan jaminan Kesehatan yang layak bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama pada peserta BPJS Kesehatan dan anggota keluarganya. Untuk mendukung penyelenggaran pelayanan ini, implementasi suatu asas sangat diperlukan dalam suatu pelayanan di rumah sakit, yaitu asas ketepatan waktu yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengevaluasi implementasi asas ketepatan waktu dalam pelayanan Kesehatan terhadap peserta BPJS Kesehatan dan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi asas ketepatan waktu dalam pelayanan Kesehatan terhadap peserta BPJS Kesehatan di RSUD dr. Darsono Pacitan. Metode penelitian yang digunakan adalah hukum empiris dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara selama kurang lebih satu bulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi asas ketepatan waktu dalam pelayanan Kesehatan terhadap peserta BPJS Kesehatan di RSUD dr. Darsono Pacitan secara umum belum sepenuhnya optimal, meskipun ada yang merasa memuaskan dan tidak merasakan kepuasan. Penelitian ini mengungkapan beberapa kendala, seperti kurangnya dalam pengetahuan memakai aplikasi SIPON CERIA yang sudah didesain khusus untuk mengurangi antrian pada saat pendaftaran serta waktu terbit dalam SEP serta keterlambatan pembayaran klaim, sesuai dengan hasil penelitian berdasarkan indikator kecepatan dalam proses Kesehatan dan pelayanan Kesehatan tanpa hambatan.Kata kunci : Implementasi Asas Ketepatan Waktu, BPJS, RSUD dr.Darsono Pacitan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Asas Ketepatan Waktu, BPJS, RSUD dr.Darsono Pacitan |
Divisions: | Fakultas Hukum > Hukum S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 22 May 2024 07:16 |
Last Modified: | 22 May 2024 07:16 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44883 |