INSTAGRAM SOCIAL MEDIA MANAGEMENT @ALIFIAAAAH IN BUILDING PERSONAL BRANDING IN 2023

SIFA AULIA SALSABILA (2024) INSTAGRAM SOCIAL MEDIA MANAGEMENT @ALIFIAAAAH IN BUILDING PERSONAL BRANDING IN 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)

Abstract

Personal branding adalah strategi untuk membangun citra diri dengan memanfaatkan kemampuan, kepribadian, dan atribut unik yang dimiliki sehingga berbeda dari orang lain. Branding pribadi menjadi sangat penting di era digital saat ini karena salah satu cara untuk membangun reputasi dan citra diri di media online adalah melalui Instagram. Menurut data yang diperoleh dari We Are Social, Instagram berhasil menduduki peringkat kedua sebagai jaringan media sosial paling aktif, dengan akses internet 86.5% di Indonesia. Alifia, yang dikenal sebagai Mbak Yu Berkebaya, berhasil menerapkan branding pribadi pada tahun 2023. Konten kreatif dan informatif telah berhasil menarik perhatian merek dan publik, serta sukses dalam hasil pencarian kata kunci. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan manajemen media sosial Instagram @alifiaaaaah dalam membangun branding pribadi sebagai Mbak Yu Berkebaya pada tahun 2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen akun media sosial @alifiaaaah sudah efektif dengan menerapkan The Circular Model of SoMe, yaitu berbagi, mengoptimalkan, mengelola, dan terlibat. Hal ini dapat dilihat dari kesuksesan dalam peringkat kata kunci di mesin pencari. Alifia juga menggunakan berbagai fitur Instagram, seperti gulungan, cerita, dan feed, untuk membangun brandingnya dengan secara aktif mengunggah konten. Penggunaan judul yang menarik dan fitur musik pada feed karusel secara efektif meningkatkan keterlibatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Social Media, Instagram, Personal Branding
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 22 May 2024 07:13
Last Modified: 22 May 2024 07:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44887

Actions (login required)

View Item
View Item