ANDIKA FIRGI FIRMANSYAH (2024) PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (186kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Bab I.pdf
Download (837kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (596kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (363kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (502kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kesuksesan kegiatan pembelajaran sangat bergantung pada peran guru yang efektif. Pembelajaran Akidah Akhlak bertujuan untuk membentuk karakter siswa lebih bermoral agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dan hambatan yang ada dalam pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang diperoleh dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber diperoleh dari guru Akidah Akhlak SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penjelasan hasil penelitian ini menunjukan pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa melalui empat komponen, yaitu tujuan pembelajaran sudah mencakup nilai-nilai pembentuk karakter yang ingin ditanamkan pada siswa, materi pembelajaran sudah mencakup mencakup semua elemen pembelajaran (Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar, indikator pencapaian, tujuan pembelajaran, metode pengajaran, dan hal-hal lainnya), metode pembelajaran menggunakan metode induktif yaitu pendekatan dalam logika dan penalaran, dan media pembelajaran yang gunakan sudah modern. Hambatan pada pembelajaran Akidah Akhlakk, yaitu kurangnya penguasaan media pembelajaran, guru kurang terampil, kurangnya motivasi guru dalam pembelajaran, guru kurang memahami karakter masing-masing siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning, Moral Aqidah, student character |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 22 May 2024 07:11 |
Last Modified: | 22 May 2024 07:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44893 |