ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN ANIES BASWEDAN DI METRONEWS.COM SEBELUM DAN SESUDAH DEKLARASI PARTAI NASDEM MENGUSUNG ANIES SEBAGAI CAPRES 2024-2029

EDWIN IMAM SURYATNA (2024) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN ANIES BASWEDAN DI METRONEWS.COM SEBELUM DAN SESUDAH DEKLARASI PARTAI NASDEM MENGUSUNG ANIES SEBAGAI CAPRES 2024-2029. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada umumnya, komunikasi politik sering dikaitkan dengan peranan media pada proses kampanye yang mana dapat mempengaruhi efek psikologis dan sosiologis Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis framing media Metronews.com terhadap pemberitaan Anies Baswedan sebelum dan sesudah Partai Nasdem mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) pada periode 2024-2029. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi pembingkaian pemberitaan online dalam menyampaikan berita politik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis framing yang melibatkan analisis konten terhadap artikel-artikel berita yang dipublikasikan di situs Metronews.com. Sampel penelitian terdiri dari pemberitaan sebelum dan sesudah deklarasi Partai Nasdem mengusung Anies Baswedan sebagai capres. Penelitian ini akan fokus pada pembingkaian berita politik terkait Anies Baswedan dalam konteks pemilihan presiden mendatang. Data yang diperoleh akan dianalisis secara kualitatif dengan memperhatikan elemen framing seperti penonjolan fakta, sudut pandang, pemilihan kata, dan penggunaan sumber informasi. Analisis ini akan membantu memahami bagaimana Metronews.com membingkai pemberitaan Anies Baswedan dan apakah ada perubahan pembingkaian setelah deklarasi Partai Nasdem. Anies Baswedan diusung sebagai calon presiden, Metro TV mulai menonjolkan netralitas dan objektivitas dalam menghadapi topik berita utama, menyampaikan informasi terkini yang memiliki dampak signifikan di kalangan masyarakat. Beberapa berita melibatkan penyelidikan, penjelasan, dan informasi umum yang bersifat informatif.Headline Metro TV cenderung didominasi oleh berita seputar kegiatan NasDem, terutama yang terkait dengan kampanye politik. Perubahan ini mencerminkan dinamika dalam pelaporan media setelah deklarasi dukungan politik dari NasDem terhadap Anies Baswedan.. Temuan penelitian ini dapat memberikan pemahaman tentang bagaimana pembingkaian berita politik dapat mempengaruhi persepsi publik terhadap seorang calon presiden dan bagaimana media massa secara aktif memainkan peran dalam mempengaruhi opini dan sikap masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Framing Analysis, Qualitative Analysis, News, Politics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 22 May 2024 07:01
Last Modified: 22 May 2024 07:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44908

Actions (login required)

View Item
View Item