Ikhsan Prasetya Purwa Baskara (2021) UNJUK KERJA MESIN DIESEL BERBAHAN BAKAR CAMPURAN BIODIESEL MINYAK NYAMPLUNG DAN MINYAK SAWIT DENGAN KOMPOSISI 3:2. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (3MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
Bab I.pdf
Download (306kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (540kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (661kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Peningkatan konsumsi bahan bakar di Indonesia semakin tinggi terutama energi yang diperoleh dari bahan bakar minyak bumi. Cadangan minyak bumi dunia semakin menipis dan hampir tidak dapat memenuhi tingginya permintaan masyarakat yang mengalami peningkatan pertumbuhan jumlah populasi penduduk. Jika sumber energi minyak bumi digunakan secara terus menerus suatu saat akan habis dan perlu adanya energi alternatif untuk menggantikan minyak bumi. Salah satu biodiesel yang dapat digunakan adalah biodiesel yang terbuat dari campuran minyak nyamplung dan minyak sawit. Biodiesel minyak nyamplung dan minyak sawit masih memiliki kekurangan pada nilai sifat fisik yaitu angka viskositas masih tinggi dan untuk nilai kalor masih rendah. Maka dari itu dilakukan pencampuran dengan solar untuk memperbaiki nilai sifat fisiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan karakteristik pengaruh daya, efisiensi konsumsi dan karakteristik injeksi bahan bakar yang dihasilkan terhadap kinerja mesin diesel. Penelitian ini menggunakan bahan baku utama yakni minyak nyamplung dan minyak sawit, kemudian masing – masing minyak diolah menjadi biodiesel dan minyak tersebut dicampurkan dengan perbandingan 3:2. Setelah itu, campuran biodiesel tersebut dicampurkan dengan bahan bakar solar murni dengan variasi B5, B10, B15, dan B20. Tahap selanjutnya adalah pengujian sifat fisik biodiesel, diantaranya yakni pengujian viskositas, flash point, densitas dan nilai kalor. Setelah tahap pengujian sifat fisik biodiesel, pengujian selanjutnya yaitu pengujian unjuk kerja mesin diesel dengan menggunakan mesin diesel JIANGDONG dan mesin injektor. Pengujian unjuk kerja ini bertujuan untuk mengetahui daya, putaran mesin, konsumsi bahan bakar dan pengaruh injeksi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pencampuran bahan bakar solar pada pencampuran biodiesel menurunkan kadar viskositas, flash point dan densitas, sedangkan nilai kalor mengalami kenaikan. Bahan bakar solar memiliki angka konsumsi bahan bakar spesifik yang rendah yaitu sebesar 0,430 kg/kw.jam. Selanjutanya daya yang dihasilkan paling tinggi yaitu dari bahan bakar solar sebesar 3,540 kw pada pembebanan 1000 watt. Pengujian karakteristik injeksi pada penetrasi terpanjang yakni pada bahan bakar B20 dan yang terpendek yakni bahan bakar solar. Sedangkan pada sudut penetrasi terbesar yaitu solar dan yang terkecil adalah bahan bakar B20.
Kata Kunci : Minyak Nyamplung, Minyak Sawit, Biodiesel, Mesin Diesel, Karakteristik Injeksi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 07:44 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 07:44 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4493 |