ADHISTI JATI KUSUMANINGRUM (2024) PERSUASIVE COMMUNICATION STRATEGY TWITTER FANBASE @INDOMYLETSVOTE USED BY BTS ARMY INDONESIA TO RUN MAMA 2022 VOTING. UNSPECIFIED thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (70kB)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8kB)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
Abstract
Artikel ini meneliti Fanbase Twitter @IndomyLetsVote yang merupakan salah satu fanbase ARMY Indonesia yang aktif dengan tujuan utama untuk mendukung boy band dari Korea Selatan BTS, dengan mempersuasi ARMY Indonesia untuk voting dan menyampaikan informasi tentang voting ketika BTS dinominasikan di acara penghargaan musik. Salah satu bentuk persuasi yang fanbase @IndomyLetsVote lakukan adalah di MAMA Awards 2022 di mana BTS berhasil mendapatkan MAMA Platinum. Menggunakan metode kualitatif dan studi kasus, tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati strategi komunikasi persuasif dari fanbase @IndomyLetsVote dalam mempersuasi ARMY Indonesia di Twitter untuk melakukan voting di MAMA 2022 dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi yang dilakukan secara daring. Teknik analisis data berdasarkan Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, pengurangan data, presentasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fanbase @IndomyLetsVote efektif dalam mempersuasi ARMY Indonesia untuk menjalankan voting, yaitu dengan menggunakan pendekatan emosional kepada audiens, fanbase mengadakan voting massal dengan menggunakan keywords trends, fanbase juga menyampaikan pesan secara berulang-ulang, dan menggunakan media sosial dengan penggunaan paling aktif di Twitter untuk mempersuasi ARMY Indonesia dalam menjalankan voting MAMA 2022.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ARMY Fanbase, Communication Strategy, Persuasive, Voting |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:29 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44937 |