PERSUASIVE COMMUNICATION STRATEGY TWITTER FANBASE @INDOMYLETSVOTE USED BY BTS ARMY INDONESIA TO RUN MAMA 2022 VOTING

ADHISTI JATI KUSUMANINGRUM (2024) PERSUASIVE COMMUNICATION STRATEGY TWITTER FANBASE @INDOMYLETSVOTE USED BY BTS ARMY INDONESIA TO RUN MAMA 2022 VOTING. UNSPECIFIED thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)

Abstract

Artikel ini meneliti Fanbase Twitter @IndomyLetsVote yang merupakan salah satu fanbase ARMY Indonesia yang aktif dengan tujuan utama untuk mendukung boy band dari Korea Selatan BTS, dengan mempersuasi ARMY Indonesia untuk voting dan menyampaikan informasi tentang voting ketika BTS dinominasikan di acara penghargaan musik. Salah satu bentuk persuasi yang fanbase @IndomyLetsVote lakukan adalah di MAMA Awards 2022 di mana BTS berhasil mendapatkan MAMA Platinum. Menggunakan metode kualitatif dan studi kasus, tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati strategi komunikasi persuasif dari fanbase @IndomyLetsVote dalam mempersuasi ARMY Indonesia di Twitter untuk melakukan voting di MAMA 2022 dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi yang dilakukan secara daring. Teknik analisis data berdasarkan Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, pengurangan data, presentasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa fanbase @IndomyLetsVote efektif dalam mempersuasi ARMY Indonesia untuk menjalankan voting, yaitu dengan menggunakan pendekatan emosional kepada audiens, fanbase mengadakan voting massal dengan menggunakan keywords trends, fanbase juga menyampaikan pesan secara berulang-ulang, dan menggunakan media sosial dengan penggunaan paling aktif di Twitter untuk mempersuasi ARMY Indonesia dalam menjalankan voting MAMA 2022.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: ARMY Fanbase, Communication Strategy, Persuasive, Voting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 22 May 2024 02:29
Last Modified: 22 May 2024 02:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44937

Actions (login required)

View Item
View Item