COMMUNICATION AUDIT OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES DEVELOPMENT PROGRAM AT PT MADUBARU PG-PS MADUKISMO 2023)

ALMEDIA RENATA SYAHRANI (2024) COMMUNICATION AUDIT OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES DEVELOPMENT PROGRAM AT PT MADUBARU PG-PS MADUKISMO 2023). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Program Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah merupakan salah satu program kerja Corporate Social Responsibility PT Madubaru PG-PS Madukismo yang telah ada sejak tahun 1992. Untuk mengetahui keberhasilan proses komunikasi, serta mengetahui kelebihan dan kekurangannya. yang ada untuk mencegah kegagalan. Yang lebih penting lagi, ke depan perlu adanya proses evaluasi. Salah satu model evaluasi yang dapat dilakukan adalah audit komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi dan pelaksanaan program pengembangan Usaha Kecil dan Menengah melalui audit komunikasi. Penelitian ini didasarkan pada model audit komunikasi model struktur konseptual Howard Greenbaum dalam buku Andre Hardjana yang berjudul "Teori & Praktek Audit Komunikasi". Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data antara lain dengan melakukan wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di PT Madubaru pada tahun 2023, program telah terlaksana dengan baik karena setiap tahunnya PT Madubaru selalu menjadikan acuan pelaksanaan program dan memiliki tujuan yang jelas. Namun komunikasi tidak terjadi secara formal sehingga fungsi komunikasi tidak mendapat tempat dalam perencanaan tujuan organisasi. Akibatnya belum ada metode organisasi tertentu yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan dan berkomunikasi baik dengan sesama anggota maupun dengan mitra. Untuk itu, PT Madubaru harus menempatkan komunikasi sebagai aspek penting dalam perusahaan dan membuat kebijakan terkait komunikasi demi keberlangsungan program di tahun-tahun berikutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Communication audit, PT Madubaru, Small and Medium Enterprises development
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 28 May 2024 04:09
Last Modified: 28 May 2024 04:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44988

Actions (login required)

View Item
View Item