CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PROGRAM MANAGEMENT OF PT MADUBARU PG-PS MADUKISMO THROUGH BANTUAN MODAL KERJA (WORKING CAPITAL SUPPORT) PROGRAM IN 2022

REIHANA KHAIRANI HARAHAP (2024) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PROGRAM MANAGEMENT OF PT MADUBARU PG-PS MADUKISMO THROUGH BANTUAN MODAL KERJA (WORKING CAPITAL SUPPORT) PROGRAM IN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)

Abstract

Tanggung jawab sosial perusahaan mengacu pada komitmen perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat dengan menerapkan kebijakan bisnis dan mengalokasikan sumber daya perusahaan. PT Madubaru PG-PS Madukismo merupakan perusahaan agroindustri tebu yang berkomitmen untuk meningkatkan keterlibatannya dalam memberdayakan dan memperkuat kondisi ekonomi dan sosial masyarakat serta lingkungan. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan di PT Madubaru melalui program Bantuan Modal Kerja. Temuan penelitian menunjukkan bahwa PT Madubaru melaksanakan tahapan tanggung jawab sosial perusahaan, termasuk persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan. Selain itu, dalam pelaksanaannya, program ini mendapat dukungan dari manajemen puncak dan alokasi bantuan ditentukan berdasarkan kebijakan yang berlaku. Transparansi dan akuntabilitas dicapai melalui penyampaian laporan. Penentuan cakupan wilayah didasarkan pada kebijakan yang relevan, sementara kegiatan pemantauan dan evaluasi dilakukan setiap bulan. Program ini bersifat jangka panjang, dan dampak positifnya dapat dilihat dari rasa memiliki masyarakat. Namun demikian, PT Madubaru menghadapi masalah terkait keterlambatan pembayaran cicilan oleh penerima manfaat. Tantangan ini diatasi dengan melakukan kunjungan secara terus menerus dan melibatkan penerima manfaat secara aktif dalam pameran. Untuk meningkatkan efektivitas, PT Madubaru dapat berkolaborasi dengan pihak eksternal untuk mengelola program dan menetapkan aturan pelaksanaan dan seleksi penerima manfaat yang lebih ketat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Implementation, PT Madubaru
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 28 May 2024 04:02
Last Modified: 28 May 2024 04:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/44990

Actions (login required)

View Item
View Item