MAUDY MARDITTA PUTRIDINANTI (2024) HJ YUNIARNI PUSTOKO WENI'S POLITICAL MARKETING COMMUNICATION IN THE 2019 TANJUNGPINANG CITY LEGISLATIVE ELECTION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only
Download (600kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (132kB)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (275kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Abstract
Penelitian ini menjelaskan bagaimana strategi pemasaran politik yang diterapkan oleh Yuniarni Pustoko Weni dalam pemenangan dirinya di Pemilihan Legislatif sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang dilaksanakan pada tahun 2019. Artikel ini dilatarbelakangi oleh penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa partisipasi wanita dalam politik hanyalah sebagai pemenuhan kewajiban angka 30% Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa peran wanita untuk memimpin dalam keanggotan politik masih sulit dikarenakan adanya stigma dan tuntutan sosial terhadap seorang wanita. Peneliti dalam artikel ini mengkaji bagaimana strategi yang dilakukan oleh Yuniarni Pustoko Weni dalam keberhasilannya menempati posisi sebagai wanita pertama yang menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tanjungpinang. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dalam pengumpulan jawaban melalui wawancara dan observasi sistematik. Selain itu, untuk mendapatkan jawaban atas strategi yang digunakan, peneliti menggunakan teori pemasaran politik. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa tahapan dari penerapan strategi pemasaran politik yang digunakan Weni pada pemilihan legislatif 2019 dimulai dari Segmentasi, Targeting, dan Positioning yang tepat sasaran dengan penggunaan pola full market coverage. Weni memposisikan dirinya dengan isu sorotan yang terjadi saat itu yaitu : Keterwakilan suara perempuan, kesejahteraan, dan kemakmuran. dengan pengerucutan penggunaan strategi kampanye yang digunakan oleh subjek yang diteliti yaitu 3P (Push Marketing, Pull Marketing, and Pass Marketing). Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu terbatasnya cakupan penelitian secara mendalam terkait peran subjek dalam mempengaruhi peningkatan keterlibatan wanita dalam politik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Political Marketing, Women in politics, Political Communication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 28 May 2024 01:34 |
Last Modified: | 28 May 2024 01:34 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45017 |