BAGAS DWI NUGROHO (2024) IMPLEMENTASI EDUKASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGGUNAAN INSULIN PEN PADA PASIEN DIABETES MELITUS RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GAMPING YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (920kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (420kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Bab I.pdf
Download (231kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (385kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (211kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (201kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit dengan tingkat prevalensi yang tinggi di dunia dan Indonesia menempati urutan ke-5 negara dengan penderita DM paling banyak yaitu 10,7 juta penderita dari total penduduk Indonesia pada data International Diabetes Federation tahun 2021. Penggunaan terapi insulin akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penderita DM di dunia, dalam data tahun 2018, dilaporkan 516,1 juta insulin/tahun, dan diperkirakan akan menjadi 633,7 juta insulin/tahun pada tahun 2030, oleh karenanya penggunaan insulin pen yang benar sangatlah penting untuk mencapai target kontrol glukosa darah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran keterampilan penggunaan Insulin Pen pada penderita diabetes melitus di instalasi rawat jalan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta dan untuk mengetahui pengaruh edukasi digital dapat meningkatkan keterampilan penggunaan Insulin Pen pada penderita diabetes melitus di instalasi rawat jalan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre experimental dengan jenis one group pretest post test design. Responden pada penelitian ini diperoleh dengan metode quota sampling yang melibatkan sebanyak 65 partisipan yang sesuai dengan kriteria penelitian. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2023 - Januari tahun 2024 di instalasi rawat jalan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. Pengambilan data penelitian menggunakan checklist self-insulin administration pada pasien DM yang dilakukan sebelum dan sesudah diberikan intervensi edukasi digital "Diary Diabetes" kepada responden. Metode analisis yang digunakan untuk menggambarkan karakteristik tingkat keterampilan penggunaan insulin pen responden menggunakan metode statistik deskriptif dan untuk mengetahui pengaruh intervensi edukasi digital terhadap keterampilan penggunaan insulin pen pada pasien DM dengan menggunakan Uji Wilcoxon.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 65 responden terdapat 19 responden (29,2%) dengan tingkat keterampilan penggunaan insulin pen baik, dan (70,8%) cukup dan setelah diberikan intervensi edukasi digital menunjukkan peningkatan keterampilan penggunaan insulin pen yaitu dalam kategori baik (100%). Berdasarkan uji Wilcoxon terhadap tingkat keterampilan penggunaan insulin pen antara sebelum dan setelah intervensi didapatkan data positive rank sebanyak 65 responden yang diartikan bahwa penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan penggunaan insulin pen. Pada nilai signifikan antara 2 sampel menunjukkan nilai p < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh intervensi edukasi digital terhadap keterampilan penggunaan insulin pen pada pasien diabetes melitus instalasi rawat jalan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Insulin pen usage skills, digital education, diabetes mellitus |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Farmasi S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 27 May 2024 04:04 |
Last Modified: | 27 May 2024 04:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45042 |