OPTIMASI FORMULA DAN UJI ANTIOKSIDAN SABUN MANDI CAIR KOMBINASI EKSTRAK WORTEL (DAUCUS CAROTA L) DAN VCO (VIRGIN COCONUT OIL)

NADILA NUR OKTAVIANI (2024) OPTIMASI FORMULA DAN UJI ANTIOKSIDAN SABUN MANDI CAIR KOMBINASI EKSTRAK WORTEL (DAUCUS CAROTA L) DAN VCO (VIRGIN COCONUT OIL). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sabun mandi adalah sediaan pembersih kulit yang dibuat dari proses saponifikasi atau netralisasi dari lemak, minyak, wax, rosin atau asam dengan basa organik atau anorganik tanpa menimbulkan iritasi pada kulit. Wortel (Daucus carota L) merupakan salah satu sumber utama aksi farmakologi yang ditimbulkan. Senyawa yang terkandung dalam ekstrak wortel merupakan senyawa karotenoid salah satunya yaitu beta karoten yang memiliki aktivitas sebagai antioksidan dan Buah nanas mengandung ananasat dan enzim bromelin yang memiliki aktivitas sebagai antioksidan yang mampu menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas. Oleh karena itu penelitian ini akan memanfaatkan buah nanas untuk dijadikan VCO (Virgin Coconut Oil) pada pembuatan sabun mandi cair yang sesuai dengan manfaatnya yaitu sebagai antioksidan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimasi formula dan uji antioksidan sabun mandi cair pada kombinasi ektrak wortel dan VCO dari buah nanas. Ekstrak wortel yang diperoleh dengan metode maseri menggunakan pelarut heksana selama 72 jam dan dipekatkan menggunakan rotary evaporator. Metode skrining fitokimia pada penelitian ini dilakukan secara kualitatif dapat diterapkan melalui reaksi warna dengan menggunakan pereaksi khusus. Uji evaluasi sediaan meliputi uji organoleptis, uji homogenitas, uji pH, uji tinggi busa, uji viskositas, dan uji alkali bebas. uji aktivitas antioksidan menggunakan DPPH (2,2-diphenyl-1-picrylhydrazhil) dan analisis data pada aktivitas antioksidan menggunakan soft ware SPSS. Hasil ekstraksi dari maserasi dan remaserasi kemudian digabungkan menghasilkan ekstrak kental sebanyak 20,34 gram dengan persentase rendemen sebesar 1,57%. Hasil skrinning fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak wortel mengandung senyawa flavonoid, tanin, saponin, tertepenoid dan steroid. Selanjutnya uji aktivitas antioksidan menggunakan kuersetin sebagai pembanding dengan metode DPPH menunjukkan nilai IC50 sebesar 2,17 ; 2,16 ; 2,15 ppm berturut-turut untuk formula 3 menunjukkan aktivitas antioksidan paling baik dengan nilai IC50 4,14 ; 4,14 ; 4,05 ppm. Formula sediaan sabun mandi cair kombinasi ekstrak wortel dan VCO yang paling optimal terdapat pada formula 1.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Liquid Soap, Carrot, VCO, Antioxidant
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 24 May 2024 08:03
Last Modified: 24 May 2024 08:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45051

Actions (login required)

View Item
View Item