RESYIFA TRIAYUNING PRAMESTI (2024) DIGITAL COMMUNICATION STRATEGTY DIKATA COMMUNITY ON INSTAGRAM TO INCREASE READING INTEREST AMONG STUDENTS IN BREBES REGENCY IN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only
Download (886kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (319kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (199kB)
Abstract
Kemampuan literasi masyarakat Indonesia masih perlu ditingkatkan, kurangnya minat baca di masyarakat, terutama di kalangan pelajar menjadi salah satu penyebab masalah ini. Indonesia menempati peringkat ke-74 dari 79 negara dalam kemampuan membaca berdasarkan hasil dari penelitian Program for International Student Assessment (PISA) 2018, dengan skor rata-rata 371. Dikata merupakan satu-satunya komunitas di Kabupaten Brebes yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya budaya literasi. Komunitas ini bekerja sama dengan instansi sekitar seperti sekolah dan perpustakaan sambil dan bergerak dalam ranah offline dan online. Mereka menggunakan Instagram untuk mempromosikan minat baca di kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi digital yang dilakukan oleh Dikata di Instagram dalam misinya membangun minat baca di kalangan pelajar Kabupaten Brebes. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dikata telah menerapkan strategi komunikasi digital berdasarkan teori ANSVA (Sumadiria, 2014 : 125), diantaranya attention, dengan membuat pesan berdasarkan suasana kegiatan yang dilakukan. Need, dengan membuat kalimat persuasif yang juga dilakukan sebagai respons terhadap perhatian yang diterima audiens. Satisfaction, dengan memperlihatkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh komunitas Dikata menggunakan berbagai tools di Instagram seperti reels, Instagram live, dan Instagram stories. Visualization, menampilkan berbagai visual, termasuk penggunaan desain grafis dalam kegiatan Dikata melalui foto dan video. Action, Dikata melakukan berbagai kegiatan terkait literasi di sekitar wilayah Kabupaten Brebes.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Communication Strategy, Instagram, Reading Interest |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 25 May 2024 06:01 |
Last Modified: | 25 May 2024 06:01 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45057 |