PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, SISTEM PENGENDALIAN INTERN, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (SURVEI PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KOTA YOGYAKARTA)

SALMA DHIAN ANDINASARI (2024) PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, SISTEM PENGENDALIAN INTERN, PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (SURVEI PADA ORGANISASI PERANGKAT DAERAH KOTA YOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan pengaruh kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern, pemanfaatan teknologi informasi dan penerapan standar akuntansi pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan dengan komitmen organisasi sebagai variabel moderasi. Adapun isu penelitian ini adalah adanya a) realisasi anggaran belanja modal PEMDA DIY untuk pembangunan PPI Pantai Gesing yang melebihi realisasi fisik tanggal neraca 31 Desember 2022 sebesar 90% atau sekitar Rp 9,98 miliar, b) besaran tunjangan perupahan bagi pimpinan dan anggota DPRD yang belum sesuai dengan hasil appraisal dan c) pemberian paket sembako seniliai Rp 4,74 miliar oleh BPBD selama pandemi Covid-19. Adapun gap penelitian ini dengan peneltian terdahulu adanya inconsistency pada hasil penelitan terdahulu. Selain itu, penelitian ini menambahkan beberpa variabel independen serta variabel moderasi. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltiah ini adalah survei dengan mengajukan kuesioner yang didistribusikan langsung kepada responden. Sampel pada penelitian ini merupakan pegawai bagian pengelolaan keuangan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terdapat di Kota Yogyakarta dengan teknik pengambilan sample Purposive Sampling. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 96 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang didapatkan dari hasil penyebaran kuesioner kepada para responden. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis SEM-PLS dengan aplikasi SmartPLS v.4 Penelitian ini memberikan hasil empiris bahwa penerapan SAP dan Kompetensi SDM memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh negatif dan signifikan, sedangkan sistem pengendalian internal tidak berpengaruh pada kualitas laporan keuangan. Kemudian pada pengujian variabel moderasi, komitmen organisasi memperlemah pengaruh penerapan SAP dan pemanfaatan teknologi informasi secara signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Kemudian, komitmen organisasi mampu memperkuat penagruh sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan. Sementara komitemen organisasi tidak dapat memperlemah maupun memeprkuat pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Human Resources Competency; Internal Control System; Utilization of Information Technology; Implementation of Government Accounting Standards; Regional Financial Report; Organizational Commitment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 25 May 2024 03:11
Last Modified: 25 May 2024 03:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45081

Actions (login required)

View Item
View Item