NUR EDI NOMALISA (2024) ANALISIS BIBLIOMETRIK MENGGUNAKAN VOS VIEWER: PEMASARAN HIJAU, NIAT MEMBELI KEMBALI, DAN KORELASINYA. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (4MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (917kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (734kB)
Bab I.pdf
Download (584kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (839kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (581kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (577kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (553kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan database SCOPUS untuk menganalisis evolusi publikasi tentang pemasaran hijau, niat membeli kembali, dan hubungan keduanya. Program perangkat lunak VOSviewer digunakan untuk pendekatan analisis bibliometrik, untuk membangun dan menampilkan jaringan bibliometrik. Peneliti menggunakan kata kunci dalam database SCOPUS yaitu pemasaran hijau, niat membeli kembali, dan hubungan antara keduanya pada periode tahun 2003 dan 2022. Jumlah publikasi yang diidentifikasi berdasarkan kata kunci pada awalnya adalah 5.481 untuk pemasaran hijau 1.658 untuk niat membeli kembali, dan 13 untuk kata kunci pemasaran hijau, niat pemasaran dan pembelian kembali. Setelah dilakukan penyaringan, diketahui hanya terdapat 5 artikel yang mengandung kata kunci "green marketing dan repurchase intention" dari total 2.893 artikel tentang green marketing dan 1.117 artikel tentang repurchase intention. Berdasarkan temuan studi VOSviewer dan visualisasi jaringan kemunculan kata kunci bersama, terdapat 162 item dibagi menjadi 5 kelompok (cluster) untuk masalah pemasaran ramah lingkungan, 102 item dibagi menjadi 5 kelompok (cluster) untuk masalah niat membeli kembali, dan hanya 25 item dibagi menjadi 5 kelompok (cluster) untuk korelasi antara isu green marketing dan niat beli ulang. Penelitian yang menganalisis hubungan antara pemasaran hijau dan niat membeli kembali masih terbatas, baru mulai tahun 2016. Padahal, perusahaan harus mengeluarkan lebih banyak anggaran saat menerapkan strategi pemasaran ramah lingkungan. Di masa depan, diperlukan penelitian lebih lanjut yang mengkaji apakah strategi pemasaran ramah lingkungan berdampak pada niat pembelian ulang oleh pelanggan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | green marketing, repurchase intention, correlation, bibliometric analysis |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Manajemen S2 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 25 May 2024 03:02 |
Last Modified: | 25 May 2024 03:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45083 |