PERAN LEMBAGA OMBUDSMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA UNTUK MENCEGAH MALADMINISTRASI DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN PERATURAN GUBERNUR DIY NOMOR 72 TAHUN 2022

ARSYAD YUSUF MAHENDRA (2024) PERAN LEMBAGA OMBUDSMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA UNTUK MENCEGAH MALADMINISTRASI DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN PERATURAN GUBERNUR DIY NOMOR 72 TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

LO DIY bertujuan untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintah dan badan usaha yang bersih dan bebas dari KKN serta penyalahgunaan kekuasaan atau jabatan. Mendorong terwujudnya penyelenggaraan pelayanan publik yang baik dan bersih serta meningkatkan kualitas pelayanan publik yang diharapkan masyarakat. Maladministrasi merupakan perbuatan melawan hukum dan etika dalam suatu proses administrasi pelayanan publik. Maladministrasi banyak terjadi di aparatur pemerintah dan instansi swasta. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya laporan dugaan maladministrasi yang diterima oleh LO DIY sepanjang tahun 2023 sebanyak total 274 laporan. Penyusunan skripsi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di LO DIY. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran LO DIY untuk mencegah maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 72 Tahun 2022 dilakukan dengan cara tindakan preventif dan represif. LO DIY memiliki hambatan dalam melakukan pencegahan maladministrasi, yaitu kurangnya kesadaran dan wawasan dari masyarakat terkait LO DIY serta sumber daya, baik sumber daya manusia dan anggaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LO DIY, Maladministration, Public Services
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 03 Jun 2024 02:33
Last Modified: 03 Jun 2024 02:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45109

Actions (login required)

View Item
View Item