AULIA ANGGADITA SUBYANTARI (2024) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN PARIWISATA PADA OBJEK WISATA PANTAI DI KABUPATEN KEBUMEN JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (392kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (675kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Bab I.pdf
Download (711kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (486kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (321kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (452kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (421kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (798kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (489kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Sektor pariwisata merupakan salah satu kontributor terbesar terhadap perekonomian Indonesia dan penyumbang devisa utama. Pengembangan pariwisata secara optimal memang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, maka peningkatan kualitas pariwisata sangat penting dilakukan demi menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pariwisata yaitu atraksi, aksesibilitas, amenitas, ancillary (4A), kualitas layanan, dan promosi wisata pada kawasan wisata di Kabupaten Kebumen khususnya pada objek wisata pantai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan data primer dengan teknik pengambilan sampel menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 270 responden menggunakan teknik non probability dengan metode purposive sampling. Data ini diolah dengan teknik persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel amenitas, ancillary, kualitas layanan, dan promosi wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel permintaan pariwisata. Variabel atraksi dinyatakan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan pariwisata. Sedangkan variabel aksesibilitas menunjukkan pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap permintaan pariwisata. Secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tourism Demand, 4A, Service Quality, Tourism Promotion |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 29 May 2024 07:11 |
Last Modified: | 29 May 2024 07:11 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45153 |