EFEKTIVITAS PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 31 TAHUN 2023 DALAM MENGENDALIKAN AKTIVITAS PERDAGANGAN MELALUI MEDIA SOSIAL

YUDHO RAHMAN (2024) EFEKTIVITAS PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 31 TAHUN 2023 DALAM MENGENDALIKAN AKTIVITAS PERDAGANGAN MELALUI MEDIA SOSIAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan transformasi digital memunculkan kebutuhan akan regulasi yang efektif untuk mengatur transaksi perdagangan yang terjadi melalui platform media sosial. Salah satu respons pemerintah Indonesia terhadap dinamika ini adalah dengan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas peraturan tersebut dalam mengontrol dan mengarahkan kegiatan perdagangan yang dilakukan melalui media sosial. Dengan menggunakan metode analisis hukum dan tinjauan literatur, penelitian ini merinci ketentuan-ketentuan dalam peraturan dan memeriksa dampaknya terhadap praktik perdagangan online. Temuan penelitian menyoroti sejumlah aspek, termasuk kejelasan tujuan regulasi, respons terhadap kondisi pasar, dan dampak terhadap pelaku usaha serta konsumen. Hasil evaluasi ini dapat memberikan wawasan mendalam tentang sejauh mana Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 telah mencapai tujuannya dalam mengendalikan perdagangan melalui media sosial, serta memberikan dasar untuk penyesuaian lebih lanjut demi menciptakan lingkungan perdagangan yang sehat dan adil di era digital.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, Social Media, Technological Development
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 28 May 2024 07:32
Last Modified: 28 May 2024 07:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45205

Actions (login required)

View Item
View Item