STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL LAZISMU DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN AUDIENS PADA TAHUN 2022-2023 MELALUI MEDIA INSTAGRAM @LAZISMUDIY

ILHAM MALUL KHOIRUN (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL LAZISMU DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN AUDIENS PADA TAHUN 2022-2023 MELALUI MEDIA INSTAGRAM @LAZISMUDIY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lazismu adalah lembaga zakat tingkat nasional yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi lainnya. Lazismu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggagas strategi komunikasi pemasaran sosial yang inovatif untuk meningkatkan kepercayaan audiens dengan penggunaan media sosial Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan secara rinci Komunikasi Pemasaran Sosial Instagram Lazismu DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan paradigma post-positivistik. Penelitian berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi dengan admin serta pengikut @lazismudiy. Analisis data dalam penelitian ini digunakan dengan cara analisis kualitatif deskriptif, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data dengan cara menggali informasi dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini Lazismu DIY mempunyai Tim Media sosial dalam pengelolaan akun instagramnya. Untuk meningkatkan jangkaun konten lebih luas akun @lazismudiy bekerjasama dengan badan mitra, penerima beasiswa dan putra putri Yogyakarta. Konten instagram @lazismudiy merupakan konten soft selling dengan konten konten berisi dakwah dan ajakan untuk infaq, shodaqoh, dan zakat. Lewat konten yang disajikan akun Instagram @lazismudiy mampu menagajak para pengikutnya untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan maupun amal yang disediakan seperti pemberian donasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Social Marketing Communication, @lazismudiy Account, Lazismu
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 28 May 2024 07:32
Last Modified: 28 May 2024 07:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45207

Actions (login required)

View Item
View Item