Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah Semin Gunungkidul DIY

Siti Aminah (2021) Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah Semin Gunungkidul DIY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (935kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di lapangan bahwa penulis menemukan kasus beberapa siswa yang mengalami kendala mengikuti pembelajaran daring dikarenakan penggunaan game online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan game online terhadap motivasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah Semin Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan metode penelitian korelasional. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik acak sederhana (simple random sampling). Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuisioner dalam bentuk google form. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis ststistik deskriptif, teknik analisis regresi, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan game online terhadap motivasi belajar siswa hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil uji anova yang menunjukkan nilai sig 0,011 < 0,05 dan juga pada rumus persamaan garis regresi linier sederhana senilai Y = 61,511 + 0,545x. Besaran persentase pengaruh penggunaan game online terhadap motivasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah Semin dapat dilihat pada tabel uji Regresi Model Summary dengan hasil 7,5%. Dengan demikian 92,5% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Kata kunci : game onlie dan motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2021 02:57
Last Modified: 17 Dec 2021 02:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4522

Actions (login required)

View Item
View Item